Bahaya Kontes SEO Bagi Blog

Sebelum ada yang salah paham mengenai tulisan ini, aku sudah memberi batasan permasalahan dengan mementingkan beberapa kumpulan  sumber yang terpercaya dan diikuti pendapat pribadi dari penulis.

Penulis hanya berspekulasi melalui pendapat dan bukan seorang pakar. Jadi mohon maaf bila terdapat kekurangan. Menghimbau kepada sesama rekan untuk berhati-hati terhadap kontes seo yang sedang diikuti berhubung Google Penguin sudah bekerja.

google penguin
Sebelum itu, ada beberapa penjelasan singkat mengenai Google Penguin. Pada update algoritmanya Google penguin lebih mengkhususkan kepada web spam. Jadi web atau blog yang cuma nyepam link dan juga nyepam konten, ya siap siap aja dihajar ma Google Penguin (Sumber : TomiPurba.net di Google Penguin).

Hubungan antara kontes SEO dengan Google Penguin memang terdapat keterkaitan. Dimana hal yang biasa dilakukan oleh sebagian para kontestan untuk memenangkan posisi terbaik di halaman pencarian Google adalah nyepam link. Hal inilah yang mengakibatkan berbahayanya kontes SEO bagi reputasi blog di mata SE Google semenjak update algojo tersebut diluncurkan.

Seperti yang dikatakan oleh Kaspar Szymanski  di akun jejaring sosial G+ nya mengenai bahaya kontes seo,  coba simak penuturannya di bawah ini.bahaya kontes seo bagi reputasi blog

Lalu, Bagaimana Selanjutnya,

Hanya sebatas praduga tidak bersalah ? hal inilah yang bisa dilakukan sekarang dalam menyikapi keturutsertaan kita terhadap kontes-kontes SEO. Terlebih lagi kita hanya bisa menduga-duga cara menghindari efek dari perubahan algoritma Google dalam hal ini Google Penguin. Walaupun sebenarnya semua sudah ada di Google Webmaster Guidelines.

Alangkah lebih bijak bila kita hanya mengikuti kontes Semi SEO yang tidak /kurang membutuhkan penilaian posisi di SERP.  Karena biasanya, kontes full seo akan lebih menuntut para kontestan untuk memberi backlink yang berlebihan dan mempraktekkan keyword stuffing pada artikel yang berakibat pada indikasi sebagai spam konten.  #PengalamanPribadi

Sedangkan kontes semi SEO yang sekarang ini marak dilakukan oleh sebagian blogger, aku pikir itu tidak menyalahi rule webmaster Google karena beberapa yang kuamati mengenai kontes SEO jenis ini, artikel yang diikutsertakan lebih kepada penilaian secara subjektif atau penilaian pribadi oleh si kontestan terhadap hal yang dilombakan. Jadi, kemiripan konten antara kontestan yang satu dengan yang lain tentu akan berbeda. Baik dari segi kualitas, hingga faktor pendukung lainnya dalam penilaian.

Ngomong-ngomong soal nama algortima Google…

Google Panda, Penguin… lalu ??? Zebra kah atau free willy ? :)

Ini hanya spekulasiku saja mengenai nama algoritma google yang entah mengapa,  meskipun pemberian nama ada sejarahnya, selalu menamakan perubahannya dengan nama hewan. Baru terpikir kedua hewan tersebut berwarna hitam dan putih.

google algoritma update Apabila diartikan ke dalam bahasa inggris maka akan menjadi black or white. Sebuah analogi yang menurutku tepat disandingkan kepada pelaku black hat atau white hat SEO.

Sepertinya Google telah sukses memisahkan mana pelaku bermain putih atau hitam, walaupun masih ada kekurangan dimana-mana seperti beberapa riset yang dilakukan oleh mas Ali di artikel Google Panda vs Google Penguin.

Terlepas dari itu semua, kita dituntut untuk lebih memprioritaskan kualitas artikel dan backlink senatural mungkin.  Jadi, hindari copas konten dan backlink yang berlebihan.

63 thoughts on “Bahaya Kontes SEO Bagi Blog

  1. untung saja blog saya belum pernah ikut kontes SEO, makasih gan atas informasinya, sangat bermanfaat, :D

  2. Kalau ikutan lomba begitu biasanya memang SEOnya berlebihan (over SEO). Dan setahu saya sejak Panda kemarin, over SEO juga termasuk tindakan black hat. Jadi bener kata mas, lebih baik hati-hati.

    • meskipun kemarin google panda sudah beraksi, tangan ini juga terkadang gatal dengan cara2 non whitehat hehehe

  3. Asli saya baru tau, ternyata kontes seo yg sering diadakan para blogger bisa melanggar ToS Google…
    Terima kasih infonya Sabahat, salam kenal!

    • sebenarnya bukan kontesnya yang bermasalah, melainkan kontestannya mas/mba yang terkadang melakukan segala cara pada teknik SEO. :)

  4. asal jangan overdosis aja mas submitnya., :D
    tapi namanya juga kontes., pasti tidak terkontrol submit sana submit sini dan akhirnya deindex :D

    • benar mas djawa, linkfarm merupakan target yang akan dibasmi oleh si penguin

  5. Harus lebih ekstra hati hati untuk mmbuat artikel seo kontes karena akan berakibat fa tal jika salah mnggunakan link spam.
    Opininya enak untuk dibaca, trims mas adhani untuk artikelnya. :)

  6. Benar-benar informasi yang menarik dan patut direnungkan keabsahannya :)

  7. Sekarang ini sudah jarang Mas kontes yang bener bener SEO murni, sebagian sudah semi, jadi ada penilaian kualitas artikel.

    Semoga terbebas dari hukuman google deh blog kita semua.

    • Algorithma google sekarang lebih menitikberatkan ke konten artikel, bukan ke backlink, jadi menurut saya, pandai-pandailah membuat konten artikel yang sesuai dengan meta descriptions dan keywords yang dipakai oleh blog, pengalaman pribadi, saya tidak menggunakan backlink, tapi bisa diindex di page 1 no 1 pada google dengan 170 juta hasil pencarian untuk keywords easy but forgotten.
      Thanks atas pencerahan mas dhani

  8. Makin hari makin sulit ya, tapi untuk blogger yang menerapkan whitehat seo pastinya mendapat angin segar dari adanya algoritma ini..

  9. Wah baru tahu nih mas bahaya mengenai kontes SEO, maklum belum pernah mengikuti kontes” SEO :) .
    Dengan membaca artikel ni jadi lebih ati”

  10. Blog saya jg blm pernah diikutkan ke kontes SEO, di samping masih pesimis jg males untuk cari backlink artikel SEO. Untuk sementara blm minat sih tapi gak tau ke depannya..

  11. Kasian jika yang googling seorang pemula, gara2 kontes seo, bingung lihat di TOP TEN SERP semua judul artikel kok sama semua…dia coba satu2, yang valid yang mana? yang bener mana? Isi/konten-nya sama semua….hahaha. Selamat datang di Kontes NYEO!… Met kenal brow.

  12. ya sya jga prnah baca tentang resiko ikut kontes SEO terutama yg sedang marak di indonesia

  13. spesifikasi blog yang bakal di tendang google pinguin adalah blog spam, apakah blog tersebut terlalu over dalam submit ke web direktori atau terlalu sering menanam link di situs edu? karena saya belum ngerti tentang blog spam… makasih sebelumnya

    • inilah yang menjadi permasalahannya sekarang mas, ane belum berani menjawabnya karena kita baru sebatas menduga2. namun dari beberapa rekan yang membahas hal ini lebih menganjurkan untuk tidak dulu menggunakan cara2 yang mas sebutkan di atas. katanya penguin masih warming up.. jadi back to old seo

  14. Saya cuma pernah satu kali ikutan kontes SEO. Itu pun tidak terlalu saya optimasi. Hasilnya, saya merasa tidak mampu bersaing. Dari pengalaman tersebut, saya lebih memilih fokus di optimasi postingan biasa saja untuk blog saya.

    • benar mas is, kata teman-teman yang lain dengan adanya google panda + penguin, kita dituntut kembali ke OLD SEO yang menitikberatkan kepada kualitas artikel seperti kepadatan informasi, unik dan fresh.

  15. kalu keyword stufing itu batasanya berapa si mas, apakah kalau 5% di anggap berlebih, dan peletakan keyword di suatu artikel, misalkan satu paragraf berisi keyword doang, apakah ini juga masalah.
    tks mas artikelnya ringan tapi penting.

    • berdasarkan apa yang ane temui dari yang membahas keyword stuffing intinya google lebih menganjurkan untuk membuat konten yang lebih human reader dan bukan ditujukan untuk mesin. jadi bisa diambil kesimpulan, 5% kerapatannya terlalu tinggi. dan terindikasi sebagai spam konten. belum lagi ditambah dengan hasil generate stt2 yang terlalu over settingannya jika Anda memang penggunanya.

  16. Boro-boro ikut lomba SEO ngurus blog sendiri aja msh bingung pa udh memenuhi standard SEO pa blm. Tp ya tetep bingung dg adanya hantu penguin in. Oh ya gan mau tanya dikit kl sering2 komen di blog sejenis pa termsk spam dan bisa kedetech ama penguin ? Thanks gan

    • untuk sekarang ane belum bisa menjawabnya dengan pasti gan, soalnya sekarang ini kita hanya menebak2 berdasarkan google webmaster guidelines,
      sering koment di blog sejenis ane rasa tidak apa2 karena linknya berlabel nofollow, jadi tidak diikuti oleh robot dan tidak dihitung sebagai backlink

  17. Benar gan, kita jangan sampai copas ataupun mencari link yang berlebihan karena algoritma yang sekarang Google Penguin itu pengennya yang natural.

  18. kontes SEO yg disasar penguin adalah yg menggunakan kata kunci riil kaya mobil keluarga terbaik, laptop murah blablabla,:P

    diluar itu sih boleh2 aja, malah kontes seo memang awalnya diadakan untuk mencari tahu mana webmaster yg paling jago mengoptimasi webnya, mereka dulu pake kata kunci aneh2 yang gak akan dicari user. sekarang? kontes seo udah jadi marketing champaign tuh :D

    • benar gan, aggree with u kalau kontes seo itu sebagai langkah campaign dengan biaya murah ^^

      saya juga masih samar2 dengan kata kunci riil, mungkin yang merujuk kepada buyer keyword kali ya

  19. alhamdulillah hingga sampai saat ini saya gak pernah ikutan Kontes SEO… selain itu saya sendiri sebenarnya risih sekali kalo ada seorang blogger dengan paksaan memberikan link ke blog, bukan cuman satu link, bahkan pernah saya menemukan puluhan link … Ohh iya gan apakah jika kita melakukan blog walking akan melanggar peraturan webmaster google ?

  20. Makasih infonya mas, kebetulan saya ikutan kontes2 bla-bla… walaupun tanpa optimalisasi cuma bikin review saja…

  21. beberapa kali saya ikut kontes, tapi ga pernah juara…heee, kalo saya sulit untuk membedakan mana kontes seo yang sesuai dengan google pinguin.. makasih untuk infonya mas

  22. satu pertanyaan gan, bagaimana cara mengecek sebuah blog terkena google panda & Penguin??

    thanks

  23. oalah saya sudah ikutan kontes beberapa kali, malahan 2 blog saya terdaftar di adsense google, sepertinya tidak mengalami masalah, jadi benar kata mas pemilik blog yang salah itu kontestannya, sering bertindak berlebihan, soalnya saya hanya membuat artikel saja tanpa memaksakan apakah nantinya peringkat 1 atau 100 terserah deh yang penting ikut saja, urusan menang kalah belakangan. yang penting happy!

  24. pernah kepikiran sih soal kontes seo ini apakah akan mempengaruhi blog atau nggak. ternyata infonya malah udah dapet.

  25. Dari dulu sy ga minta ma kontes beginian gan soalnya kalau diperhatikan cuma ngajarin nyepam doang, liat aja kontestannya nyepam dimana2.

  26. Saya juga males gan ikutan kaya gitu. Belum tentu dapat hadiah. Mending cari yang pasti-pasti aja deh. Kunjungan pertama gan.

    • entah submit yang agan bilang seperti di atas berpengaruh atau tidak, yang jelas sekarang saya hanya berani sebar link di social media saja ^^

  27. hmm kadang kalo tergiur ama hadiahnya jadi pengen ikutan kontes SEO tapi setelah tau dampak negatifnya jadi harus mikir dua kali lagi.

    • rata2 sekarang kontes seo yang diselanggarakan banyak yang semi seo, jadi agan tidak perlu khawatir, karna penilaiannya lebih kepada kualitas artikel dibanding posisi di serp. jadi kita tidak perlu nyepam dimana2 cukup fokus ke konten saja

  28. info yang sangat berharga mas buat saya. Tadinya saya mau ikut kontes seo nih. Setelah baca postingan ini. Mikir-mikir lagi dah

    • sebenarnya tidak apa2 mas, asal tidak berlebihan saja memberi backlink.

  29. Wah artikel ente mantabbb-mantabb gan.ane bnyk belajar disini.ternyata gitu.pantesannn blog ane hg merosot karena ikutan bginian.ya udahlah..mending bisnis lain aja dh.kontes SEO mmbawa reputasi buruk web.

    • setuju gan, meskipun hari ini kita tidak menemui dampaknya, tapi jika dilihat dari jangka panjang, tentu akan bermasalah

  30. Hehehe… sebenarnya sudah filling begini juga sih, makanya saya ngga berani terlalu overdosis ngasi backlinknya…
    seperti yang saya baca di cafebisnis seh backlink yang baik itu backlink 3 arah, bukan langsung ke url artikel yang mau di optimasi… hehee ;)

  31. Kontes seo yang lebih mengutamakan peringkan di SREP emang membahayakan bagi reputasi sebuah blog dimata mesin pencari khususnya google. Dan sebaiknya untuk saat ini dihindari saja jika masih sayang sama blog .

    Sebenarnya maunya google itu simple. bikin konten blog/web manfaat buat pembaca dan juga kontennya jangan hasil kopas. Urusan backlik belakangan.

    Lihat aja portal-portal gede,mereka gak nyepam link sana sini,tapi SREP-nya oke

    • terima kasih kang jajang, komentarnya mencerahkan,, benar juga ya
      tapi ada plus minusnya hal ini, tulisan yang original pun bakal terjungkal SERPnya oleh blog pengopas dan semakin mudahnya orang menyerang dengan backlink abuse #victim T.T

  32. Memang susah juga ya Google penguin karena pengalaman saya sekarang justru banyak website yang tanpa SEO malah muncul di halaman pertama Google. Thanks for share.

  33. Numpang tanya, Mas.
    Blog yang mengijinkan komentar berisi link menuju artikel yang ikut kontes SEO, apakah bisa dikenai sanksi juga oleh Google?

  34. iya mas, kalo kontes SEO itu diharuskan kalau di kata kunci tertentu wajib meng-hyperlink ke link yang ditentukan panitianya. kalo cuma 2-3 sih ya gapapa. lah ini kalo banyak kan gak enak juga dilihatnya.

    jadi saya juga males kalo ngikut kontes full SEO begitu.

    • selektif aja gan, kalau ingin mengikuti salah satu kontes seo tersebut

Comments are closed.