Cabut Plugin SEO Demi Traffic

Jika teman-teman pernah bertandang ke salah satu tulisan di kumpulan plugin seo wordpress mungkin akan mengetahui plugin apa saja yang saya gunakan sebagai penguat seo blog. Tetapi, semenjak google Penguin ada, perlu kiranya mempertimbangkan pemakaian plugin yang beresiko terkena efek perubahan algoritma tersebut.

Di bawah ini screenshot GA adhani blog beberapa bulan terakhir

statistik ga adhani blog

Bisa dilihat, kian hari traffic semakin turun, entah terkena penguin atau tidak yang jelas saya sempat geleng-geleng kepala ngelihat tu traffic. Anggapan, blog ini terkena hukuman akibat sering melakukan keyword stuffing dan tersinyalir duplikat konten atau karena faktor-faktor lain.

Namun, pada tulisan kali ini ,yang saya kritisi adalah masalah penggunaan plugin SEO wordpress. Berikut beberapa kesimpulan sementara yang saya ambil terkait pengaruh penguin dan penggunaan plugin :

1. STT2

Plugin yang dapat menampilkan search term dari Google di postingan wordpress. Sekaligus membantu pengindeksan di mesin pencari. Dampak terburuk dari penggunaan plugin ini adalah teridentifikasinya site sebagai spam konten akibat density keyword yang berlebihan (pengulangan keyword = keyword stuffing).

Dugaan ini diperkuat juga dengan penjelasan blogger lain. Salah satunya dapat teman-teman simak di Blogguebo merujuk pada artikel Tips Menghindari Efek Google Penguin. Disana ada penjelasan mengenai Keyword Stuffing.

2. SEO ALRP

Saya tidak berbicara banyak mengenai plugin ini semenjak blog down beberapa waktu lalu. Saya hanya menggunakan salah satu fiturnya saja sebagai autolink di postingan. Namun, setelah saya membaca artikel mas Alwi terkait dengan internal link building saya mulai mengganti proses autolink dengan cara manual.

Serba automatis memang meringankan pekerjaan. Tetapi kadangkala sering saya temui kurang tepat dalam memberi tautan link antar postingan. Karena kelemahan itulah saya menghapusnya dari daftar list plugin blog ini.

Hubungannya dengan traffic blog turun ? tentu ada. Kurang relevannya keyword dengan anchor teks berpengaruh terhadap SEO.

Saya tidak mengangap plugin SEO ALRP itu jelek, tetapi kurang match saja dengan blog ini yang memiliki jumlah postingan sedikit. SEO ALRP itu bagus dalam membuat autolink secara otomatis berdasarkan title post, tags dsb. Saya rasa hanya cocok di blog berposting banyak dan ber-niche spesifik. Jadi, bagi yang ingin menggunakannya ya silahkan.

3. RSS Footer

Plugin SEO lainnya yang saya cabut, karena terkait dengan unnatural backlink. Mungkin… Correct Me if Im Wrong. Saya ikut-ikutan blogger luar yang dahulunya menggunakan plugin ini sebagai sumber backlink lewat RSS malah mencabutnya ketika update algoritma (penguin) kemarin.

Dengan bantuan plugin ini, kita dapat menaruh 2 hingga 3 link di RSS. Baik untuk ajang mencari backlink atau sebagai senjata promosi via RSS.

Ketakutan saya dipengaruhi oleh anggapan pribadi, berbahayanya kalau link yang kita tanam di RSS lewat RSS Footer di sebar melalui RSS direktori. Apakah berdampak serius terhadap indikasi unnatural backlink ? Sementara Google Penguin menyerang blog yang seperti itu ? Entahlah.. cari aman saja, plugin itu sudah saya cabut. Nyatanya.. memang traffic blog saya sudah turun ^^

4. Linkwithin

Plugin related post dengan thumbnails. Ada kebanggaan terbesit ketika jumlah pageviews meningkat akibat penggunaan plugin linkwithin. Tetapi, ada hal yang terlewat jika ditilik dari segi SEO onpage khususnya Internal link building.

Linkwithin membuat related post di blog berdasarkan eksekusi file javascipt dari server yang ada padanya kemudian tereksekusi menjadi link artikel.

Jika Anda memang pengguna linkwhithin, coba cek source code blog masing-masing (tekan CTRL+U). Lihat pada bagian related postnya, hanya script javascript yang ada disitu. Sementara google tidak membaca javascript. Hal inilah yang secara perlahan-lahan mempengaruhi stuktur SEO onpage dan berimbas kepada traffic. Mungkin…

Selain itu, saya punya pengalaman aneh menggunakan plugin linkwithin bersama STT2. Hasil simpanan search term makin ngawur semenjak saya mengaktifkannya di blog ini.

Query yang terdapat di postingan berbeda jauh dengan isi postingan. Yang seharusnya nempel di postingan A eh malah nyasar ke postingan B, C dst. Sepertinya, SEO STT2 salah menempatkan query, kemungkinan efek dari linkwithin. Padahal sebelum menggunakan linkwithin, kinerja dari STT2 normal-normal saja.

Beberapa plugin yang masih menjadi pertimbangan

1. WP syndicator

Kecurigaan saya pada plugin ini memang cukup beralasan sebab, akan tersinyalir sebagai duplikat konten di web 2.0. Cukup lama saya menggunakan plugin ini karena kemudahannya mendapatkan backlink di tiap-tiap posting secara instant dari web.2.0. Bisa dilihat lagi di screenshoot di atas. Perubahan traffic semakin menurun semenjak Februari 2012 atau saat Google Panda versi terbaru diluncurkan pada bulan itu.

Untuk sementara saya masih tetap mempertahankan plugin ini. Masih melakukan beberapa percobaan kalau-kalau saja ada beberapa hal yang menjadi titik terang. Soalnya, saya anggap plugin ini sama saja ketika mencari backlink melalui RSS Direktori. Entah konsep backlink RSS direktori itu berbeda dengan hasil kreasi dari WP syndicator.

Secara kasat mata memang sama. Teks yang dicomot, sama-sama secara summary. Kalaupun teridentifikasi sebagai duplikat konten,,, entahlah. Mungkin saya akan berpikir kembali mencabut plugin ini.

2. Platinum SEO Pack

Bukan karena plugin ini bermasalah tetapi karena settingannya yang menjurus kepada keyword stuffing. Di settingan PSP blog ini saya mengikutkan tags sebagai meta keywords. Semakin banyak tags yang kita posting tentu meta keyword bertambah. Memang meta keyword tidak diperdulikan lagi oleh Google. Tapi karena ingin mencari aman, ya gitu deh…

Kalau sudah terlanjur mengikutkan tags sebagai meta keyword di settingan PSP, cukup mudah tinggal di unchek saja di bagian use tags for meta keywords.

menghilangkan centang tags for meta keywords

Yah.. itulah beberapa plugin yang saya cabut terkait dengan traffic blog yang turun beberapa waktu ini dan ada beberapa di antaranya yang perlu diperbaiki lagi settingannya. Tulisan Ini hanya bersifat dokumentasi pribadi. Kalaupun ada yang keliru, saya minta maaf karena salah mengambil benang merah dari berbagai macam sumber.

Di sini saya hanya menghimbau kepada teman-teman, ini hanya dugaan yang mengacu pada beberapa penjelasan beberapa sumber sehubungan dengan ganasnya google Penguin. Entah penguin sudah berlaku di Indonesia atau belum, yang jelas.., banyak yang mengeluh turunnya traffic blog indo akhir-akhir ini. Believe or not timingnya memang pas saat google update kemarin.

 

NB. Masih banyak faktor lain yang mempengaruhi mengapa traffic blog akhir-akhir ini turun. Kemungkinan pembahasannya akan saya lanjutkan di kemudian hari. Jadi, pantengin terus ya, hehehehe
(ngarep:mode on)

61 thoughts on “Cabut Plugin SEO Demi Traffic

  1. Weh detail sekali analisanya gan :)
    Blog saya mang dari update panda kemarin udah mulai merosot mas, apalagi ada pinguin kemarin diperkirakan 40% trafik turun dr sblm ada panda. Dan WP syndicator masih saya gunakan, tp di setting beberapa lama sekali saya update arahnya jadi bukan mengarah ke satu blog saja misal utk blogger dan ke wordpress.com nya. Dan masalah summary itu termasuk target google sy juga blm tw, mg aja si tdk :)

    • benar mas, saya juga masih bereksperimen dengan plugin ini, perlu membangun jaringan linkwheel antara blog2 dummy
      “Dan masalah summary itu termasuk target google sy juga blm tw”
      nah itu dia mas, saya berkaca pada blog2 blogspot beberapa waktu lalu yang ngambil secara summary tulisan di amazon, kebanyakan pada tumbang, takutnya jika google melihat hal itu, yang duluan dihajar tentu blog dummy, tinggal menunggu waktu saja site utama terkena getahnya.

    • banyak yang mengatakannya mas, di grup facebook adsense-id kalau tidak salah.
      kemudian saya melihat pergerakan index web satu dengan web lain, ternyata bukan blog saya saja yang akhir2 ini naik turun, banyak juga blog yang mengalami hal serupa,
      bahkan, index google pada satu site / blog dalam satu hari bisa berubah2 secara drastis. entahlah..

  2. Sama mas saya juga turun trafficnya, tapi saya tidak pakai plugin yg disebutin diatas cuma mengandalkan 1 plugin SEO yaitu SEO Ultimate. Apa plugin yg saya pakai berpengaruh mas ?

    • tidak juga mas randeezt, tulisan di atas hanya dugaan sementara saja, mash banyak faktor lain yang mempengaruhinya, baik secara umum atau yang tidak ketahui sama sekali

  3. Penjelasannya lengkap Mas Dhani, banyak pelajaran yang bisa diambil. Moga dipostingan berikutnya sdh ada solusinya dan trafficnya naik kembali :)

  4. keren banget nih analisanya mas. saya baru tau kalo ada dampak dari SEO ARLP yang masalah auto link.
    page view nya juga keren. ada tipsnya ga mas untuk meningkatkan page view?

    • kalau masalah autolink saya mengacu kepada tulisan dari Mas Alwi, mas andre. :)
      untuk meningkatkan pageview berdasarkan anjuran teman-teman lain, load site harus cepat, tulisan berdasarkan keyword trend, dan seniche.
      biasanya jika blog mengambil satu tema untuk kontentnya, pageviewnya malah lebih tinggi.

      kalau dari saya, yang penting load sitenya cepet. kata seomoz size satu halaman tidak lebih dari 150kb, tapi itu susah buat kita jika didalmnya terdapat berbagai macam file javascripts.
      tapi kembali lagi mas, buat tulisan yang bermanfaat saja dan dicari banyak orang

  5. kalo STT2 memang bagus untuk analisa keyword masuk, tapi juga katanya menguras bandwidth, betul tidak mas ?

    • menguras penggunaan cpu usage di hosting mas karena permintaan ke database, apalagi jika jumlah querynya banyak dan traffic juga banyak, bisa down websitenya jika di shared hosting

  6. hemmm… banyak banget plugin yg di lepas mas?saya sendiri sebelum ada si pinguin sudah mencopot semua plugin, dan sekarang tanpa ada 1 pun plugin yg nangkring di blog saya,

    • wah sangat bagus tuh mas bisa mempercepat loading website, dan benar blog mas memang cepat, saya juga mulai meminimalkan penggunaan plugin,

  7. Iya, kalo duplicate content dari jaman purba juga sudah di bahas oleh om google…namun nyatanya di penguin update era…situs iklan baris mulai bermunculan di SERP halaman 2-3 ( posisi yang lumayan) pada waktu era google panda…jangan harap melihat situs iklan baris di halaman 1,2 atau 3

    pada waktu itu saya juga punya beberapa iklan baris, tapi mengingat maraknya penggunaan software iklan massal…jelas jelas dupiccate content akan menghantui semua situs iklan..dengan berat hati saya biarkan domainnya expired semua. he he he dan kenyataannya di era panda semua situs iklan tenggelam kan?

    Namun aneh di era penguin..situs situs itu mulai eksis lagi di serp…

    Bingung sama google…manual banget ricek nya,,,jadi banyak salah sasaran..tapi terimakasi buat kerja keras google yang sudah berusaha keras memeras otak dalam memberikan info yang tebaik.

  8. Wah,,ternyata STT2 kena dampak penguin yah..
    pantesan gan,traffic blog ane jg merosot…
    Ane sih udah ngga pakai plugin SEO lg,tinggal STT2 doank.tp mau gw copot ah biar akrab lagi ma penguin.
    Thesis framework udh include settingan buat SEO onpage & SEO offpage.jd gw rasa penggunaan plugin SEO,tdk perlu lagi.

  9. waduh dapat info diatas jadi tambah bingung ni.. padahal aku lagi asik dengan plugin sebagian besar diatas.. ngikur di cabuti apa ya…

  10. makasih gan infonya.. pantesan ane daftar google adsense di blog yang satunya kagak di approve :(

    • tulisan di atas cuma argumen pribadi saya saja gan, belum tentu benar ^^

  11. bener mas web saya juga setelah diapus SEO ALRP dan STT nya mulai stabil lg…

  12. Mas saya mw tanya nih,kalu plugin All in One SEO pack bagus ga tuh? Atau kah sebaliknya.

  13. ooo pantesan, traffic blog ku ilang semua gan, bahkan postingan baru susah amat di index Mr G. ancur dah klo begini. terus gan dhani apa ada kiat2 agar terhindar dari Mr Pinguin ini? :)

    • kalau untuk pastinya saya masih menduga-duga aja mas seperti himbauan google guidelines, jangan melakukan keyword stuffing dll.
      intinya saat menulis deskripsi meta keyword tidak terkesan nembak keyword mas.

  14. Untungnya saya setting Platinum seo nya pas seperti yang agan jelasin…
    tapi ada juga seh dampak pinguinnya ke blog saya jga, tapi beberapa tips lain yang saya dapatkan di forum2 ternyata menolong untuk mendongkrak traffik juga.. hehehe

  15. Webblog ane juga turun terus trafiknya dah seminggu ini apa karena ane pakai plugin all in one seo pack ya? Mas kalau dah ketemu cara menaikan trafik lagi kabari ane ya :)

  16. gonta ganti template kayanya bepengaruh ya mas? , selain trafik trun postingan ga ada yang ke index di google.. dah coba copot semua plugin… saya tunggu smpe sebulan tapi ga ada prubahan.. jalan terakhir saya coba import postingan ke blogspot.. akhrnya mulai ke index lagi

  17. Ini untuk pengguna blog wordpress ya ?? kalau untuk platform blog lainnya kira apa saja yang harus diwaspadai / diperhatikan ??
    terima kasih ilmunya

    • maaf gan, saya kurang tahu, dengan platform lain,
      lagi pula di atas itu cuma asumsi saya saja, belum tentu benar semuanya ^^

  18. Saya malah ga tau trafik saya dulu?
    Dah lama ga ngurus blog ,
    Sepertinya si blog saya emg sepi.
    Sampai sekarang saya jg maseh pakai STT2

  19. infonya mantap banget ga pantesan website saya yang tadinya di nomer 1 google menjadi di halaman 2 website saya sangat drop banget, infonya terima kasih bermanfaat bagi saya

  20. entah saya sendiri yg sok tau apa emang beneran, skarang penggunaan plugin emang membuat para blogger ckp galau bang, selain penjelasan di atas yang menurut saya detaill banget, blog saya sering nge dwon karena penggunaan plugin, trutama plugin2 yg sifatnya SEO …

    oh iya mau tanya bang, pembuatan autolink dengan cara manual yg dimaksud bang dhani itu yg apa ya ? kita yg pasang script autolink atau kita yg membuat link satu per satu di setiap postingan ??

    • maksud dari kalimat ini “saya mulai mengganti proses autolink dengan cara manual.” saya mengganti proses otomatisnya membangun link di dalam postingan yang dulunya menggunakan plugin / script, dengan cara manual / submit satu-persatu

  21. BTW, terus gimana dengan all in one seo Pack bang,apakah dipertimbangkan juga?. So plugin itu gak jauh beda fungsinya dengan “Platinum SEO Pack”.

    Terimakasih!!

    • saya kira sama saja dengan fungsinya, berhubunga algoritma google sekarang “katanya” lebih memprioritaskan pencarian berdasarkan title tag, maka saya kembali mengetesnya dengan merubah settingan di title tags yang ada di PSP, seperti title tags tanpa embel2 nama domain atau sejenisnya,

  22. saya dapat ilmu darimu mas ini ada sedikit pengalaman mungkin berguna.
    untuk anti spam gunakanlah Spam Free WordPress fiturnya dan cara kerjanya ok.

    pluginmu Growmap Anti Spambot Plugin di bawah ini kurang efektif. spam trackback masih bisa masuk.

    • terima kasih mas atas sarannya,
      spam trackback masih bisa saya tolerir mas, dengan menonaktifkan fitur trackback dan pingback di dashboard wordpress.
      memang banyak kelemahan di plugin Growmap Anti Spambot, terutama apabila ada pengunjung yang submit komentar lebih dari satu kali di satu halaman akan langsung masuk ke spam, tapi jangan khawatir, saya seorang yang selalu mengecek folder spam.. ^^

  23. kejadiannya sama seperti yang saya alami, dalam 4 hari ini SEO saya menurun tidak jelas kenapa? dan link yang terindeks semakin menipis. terimakasih sudah berbagi.

    • kalau tidak salah beberapa hari kemarin google baru saja mengupdate algoritmanya, yang penting terus update secara berkala dan kecenderungan originalitas tulisan sepertinya makin diperhitungkan

  24. Jika Anda memang pengguna linkwhithin, coba cek source code blog masing-masing (tekan CTRL+U). Lihat pada bagian related postnya, hanya script javascript yang ada disitu. Sementara google tidak membaca javascript. Hal inilah yang secara perlahan-lahan mempengaruhi stuktur SEO onpage dan berimbas kepada traffic. Mungkin…

    Nah Mungkin nya ini yang meragukan sob, mau cabut kagak ya

    • hehehehehehe, saya cenderung mencabutnya sob, JIKALAU tidak ada internal linking antara halaman satu dengan halaman lain. Nah, jika dalam satu halaman ada internal linking yang mengarah ke artikel lain, menggunakan linkwithing juga tidak masalah,,

      mungkin hal ini yang mendasari saya tidak lagi menggunakan plugin tersebut

  25. udah sekitar 3 bulan dari artikel ini dibuat,.
    kira2 ada perkembangan ga bos, dari experimennya?

    • semua orang bebas berpendapat gan ^^,
      setuju dengan alrp seperti link spam, cara ini bisa diatasi dengan menonaktifkan tag sebagai related post link

Comments are closed.