Cara Setting Plugin SEO STT2 + Screenshoot

Ada beberapa hal penting yang harus kita perhatikan dalam menggunakan serta mensetting plugin SEO SearchTerms Tagging 2. Selain karena plugin ini dilarang penggunaannya oleh sebagian mayoritas hosting lokal karena membebani server, juga rentan terhadap masalah Efek Google Panda.

Dari informasi yang saya peroleh dari blog author Purwedi Kurniawan di ExclusiveWordpress.com. Beliau menyarankan dan menghimbau teman-teman semua untuk tidak lagi menggunakan fitur auto tagging dan link ke halaman search dari plugin SEO tersebut.

Banyak yang menanyakan, plugin ini aman gak sih? Lalu bagaiman cara mengatur konfigurasi settingan seo stt2 yang aman ? Semua sudah terangkum di blog pembuat plugin stt2 tersebut.

Berikut konfigurasi dan penjelasan plugin stt2 yang telah saya terapkan berdasarkan informasi di atas

setting SEO STT2
Screenshoot setting seo stt2

1. Enabled : Aktifkan fitur ini apabila Anda ingin mengaktifkan fungsi dari plugin stt2

2. Max number of search terms : Tentukan berapa jumlah tampilan keyword yang akan ditampilkan dari hasil generate plugin seo stt2 yang tersimpan di database.

Saran : Masukkan angka 10-25, semakin kecil angka yang diatur maka semakin baik.

3. Text and code for first header : Secara default sudah terisi, jika tidak ingin menggunakannya tinggal Anda Kosongkan saja.

4. Text and code before and after the list : idem seperti nomor 3

5. Text and code before and after the each keyword : Idem seperti nomor 3

6. Convert search terms into link

  • Yes, link to post content : hasil keyword yang terekam akan ngelink ke artikel
  • Yes, link to search : hasil keyword yang terekam akan ngelink ke search postingan, index di search engine memang bertambah namun berbahaya, Tidak direkomendasikan memilih bagian ini. Berdampak buruk terhadap blog dan lambat laun akan terkena efek google panda.
  • No : Hasil keyword yang terekam tidak akan ngelink ke manapun,

     

    Tips. Pilih Yes link to post content atau pilih NO

7. Display search counts for each search term

  • Yes : menampilkan jumlah angka / hits dari keyword berapa kali ia masuk dari search engine
  • No : tidak menampilkan apa-apa, kebalikan dari perihal di atas

Tips. Anda bebas mengatur bagian ini, tidak berpengaruh apa-apa sejauh pangamatan saya selama ini.

8. Add list automatically right after post content

  • Yes : Menampilkan secara otomatis keyword yang terekam ke daftar list keyword hasil generate plugin seo stt2
  • No : Kebalikan dari perihal di atas,

Tips. disarankan untuk memilih NO, karena banyak yang menyarankan demikian

9. Save popular search terms as post tags

  • Yes : menyimpan keyword popular yang terekam menjadi tag,
  • No : Kebalikan dari perihal di atas,

Tips. disarankan untuk memilih NO, Benar-benar sangat direkomendasikan, jangan pilih YES

10. Auto clean up unused search terms after : Set sejumlah angka di sini untuk mengatur penghapusan keyword yang tidak digunakan lagi dari database. Berguna untuk meringankan kinerja Hosting Anda

Tips. Banyak yang menyarankan, jika blog bertraffic ramai harap memberikan angka di bawah 30 (lebih kecil juga lebih baik). Artinya, penghapusan akan dilakukan secara otomatis apabila kita menset seperti angka yang demikian. (30 = 30 hari, 15 = 15 hari mdsb)

Rentang sebulan adalah angka yang pas untuk kita dalam mengatur konfigurasi ini agar kinerja dari server tempat hosting kita bernaung tidak mengalami masalah dalam penggunaan resource server. (tergantung jumlah traffic)

Hosting sekelas shared Hostgator saja sering memberikan warning, untuk itu diharap agar kita menyikapi serius dalam menentukan angka berapa yang harus kita set di bagian ini. Mungkin karena faktor inilah mengapa Hosting lokal banyak yang melarang penggunaan plugin berprinsip kerja seperti plugin seo stt2 CMIIW

11. Block the following bad words : secara default sudah terisi, namun untuk kata-kata lain, Anda bisa menambahkan daftarnya di bagian ini. Terutama untuk blog yang termonetisasi Google Adsense, agar jangan sampai kata-kata yang dilarang oleh TOS tersebut terdapat di blog wordpress kita.

12. Promote old post with no search engine traffic : Fungsinya untuk mempromosikan kembali artikel Anda yang tidak mendapatkan traffic dari Search Engine.

13. Save changes : Klik untuk menyimpan konfigurasi yang telah Anda lakukan.

Setting Widget SEO STT2

Di bagian widget wordpress pun, kita akan menemukan wigdet tambahan berupa Popular search terms dan Recent search terms. Terserah apakah Anda ingin memasangnya atau tidak, toh fungsinya hanya sebagai penambah jumlah internal link dalam satu halaman blog. Menurut saya sih,, koreksi jika salah. Lagipula, menurut SEOMOZ jumlah uniqe link dalam satu halaman agar tidak lebih dari 100

Setting widget seo stt2
contoh settingan widget seo stt2

Number of terms Show : Jumlah keyword yang ingin ditampilkan

Display format :

    List : Menampilkan terms dalam bentuk list

    Contoh :

        • Aaaaaa
        • Ddddd
        • Aaaaaa dst

Comma separeted value : Menampilkan terms dalam bentuk kalimat yang masing-masing terms dibatasi tanda koma (,)

    Contoh : Aaaaa, ddddd, aaaa dst

Lint to search (Not recomended)

    Yes : Link keyword di sidebar akan mengarah ke halaman search

    No : Link keyword di sidebar akan mengarah ke postingan / artikel

Tips. Pilih NO

Selain settingan di atas, saya juga mendisallow semua tag, search, feed dll, di robots.txt berdasarkan instruksi yang ada di halaman Google Panda dan SearchTerm Tagging 2.

Jadi, Menggunakan plugin SEO STT2 masih aman kok, Asal settingan plugin tersebut tidak over dalam konfigurasinya, maka Anda terhindar dari gebukan Google Panda. Tapi perlu diingat, kualitas konten lah nomor satu. Trust me.. its work ^^

Semoga bermanfaat, ^^

30 thoughts on “Cara Setting Plugin SEO STT2 + Screenshoot

    • o iya silahkan, maaf lama memenuhi requestnya, settingan seo stt2 yang penting sudah saya beri warna merah

  1. dulu pernah make Esteh 2 gelas ini :-). tanya2 sama pihak hoster katanya lumayan berat, yaudah saya hapus ajah. lagian juga menurut saya ada juga kok blog yang SEOnya mantep tanpa pake plugin ginian.

  2. Tanya, mas. pada bagian convert search terms into link , sebaiknya pilih Yes, link to post content atau No. Kalau di blog adhani ini kok memilih No, apa ada alasan tertentu? Thanks

    • saya baru2 aja memilih opsi no, alasannya karena mengatasi jumlah internal link berlebih dalam satu halaman, selain itu saya berkiblat pada blog2 yang saya anggap foundernya ahli di bidang SEO, lagipula “pratinjau google” hanya melihatnya sebagai teks.
      untuk hasil efeknya belum saya rasakan namanya juga coba2 :)

  3. Pas dengan apa yang saya cari, masih ragu cara setting stt2 dengan benar, eh menu disini, makasih sog tutorial setting stt2nya, mau langsung saya coba mudah-mudahan bisa dapat limpahat trafik

  4. wah…mantap info.nya mas patut di coba….? sya tiap hari hampir post…bukannya visitor.nya naik malah mnurun…:D apa gara2 seting stt nya slah ya mas…..mungkin ada sran yang lain mas…:)

    • Kemungkinan Google Dance, sifatnya hanya sementara, waktunya juga tidak pasti
      atau bisa jadi karena masalah lain
      periksa di webmaster gan, apakah ada duplikat atau ada yang error ? karna banyak yang mengatakan akan berpengaruh terhadap SEO.
      saya kira stt2 tidak salah sebab fungsinya hanya membantu, lagi pula saya banyak menonaktifkan fitur yang ada di plugin ini, bisa di lihat di blog saya ini, saya tidak mengaktifkan fitur link to post.khawatir terhadap efek buruk internal link berlebih

      perhatikan juga pengoptimalan keyword di artikel, apakah sudah tertarget dan banyak peminat serta jumlah pesaingnya..
      sebab, yang menjamin visitor naik, tidak lain adalah kualitas artikel (unik, fresh), sedikit kompetitor, dan kualitas backlink yang menuju artikel itu (natural backlink).

    • saya juga mengalami hal yang sama mas, kalau setiap hari post, visitor cenderung stabil dan menurun. tapi kalau post sekali dalam beberapa hari, visitor agak meningkat. tapi jumlah artikel jadinya tidak terlalu bertambah. bingung juga kenapa ya?

      • ya begitulah mas,, google memang penuh misteri, dan sukar ditebak,,
        adapun trick-trick seo kebanyakan itu semua kurang lebih hanya pendekatannya semata, tidak ada yang pasti,, cmiiw

  5. jadi jangan
    Yes, link to search page ( Not Recommended )
    tapi banyak yang pake dan lolos google panda

    • lebih baik ke link to post atau no, kalau banyak yang pake dan lolos dari google panda, ya saya tidak bisa berkata banyak soalnya saya juga mengikuti saran dari mastah2 di adsense ID dan Mas Poer pembuat plugin ini, berhubung dampak yang diakibatkan oleh generate listing dari plugin ini sehingga teridentifikasi sebagai Auto Generate Content, dan google tidak suka akan itu.

  6. hemm saya sudah lama tak mengandalkan plugin ini lagi, sekarang saja hanya 2 plugin saja yg menghendel blog saya :D

  7. huhuuhu ane ga main esteh 2 gelas ini lg gan….soalnya pake juml@..ni aja lg blajar make juml@ bdw postingan agan yahud n sip nih…..

  8. ini mah yang saya carii…… thanks sodarakuuu… salam persahabatann…,

    • maaf, header yang mana ya mas?

      kalau maksudnya header themes, untuk masuk ke pengaturannya bisa langsung ke menu appearance lalu pilih header.

  9. Nanya dulu mas, untuk pilihan “Convert search terms into links:”, jika kita memilih “Yes” atau “No”, apakah akan berpengaruh terhadap SEO blog? Mohon infonya gan

    • di algoritma sekarang fitur link to search di stt2 udah ga relevan lagi dengan keadaan sekarang.
      pembuat plugin nya pun menyarankan agar tidak menggunakan fitur ini

      jika tetap digunakan dampak kepada blog jadi jelek

Comments are closed.