4 Cara Verifikasi Domain di GoogleApps

Tutorial ini merupakan tutorial tambahan dari tulisan saya yang ada di halaman Cara Membuat Email dengan Domain Sendiri menggunakan fasilitas GoogleApps.

Di artikel tersebut saya hanya menjelaskan secara garis besar mengenai langkah verifikasinya. Kemungkinan besar ada beberapa di antara kita yang akan merasa kesulitan saat proses verifikasi.

Semoga melalui tulisan di bawah ini bisa mewakili diri saya menjelaskan secara lebih mendetail cara verifikasi domain di GoogleApps buat Anda yang sedang mencari informasinya (narsis ultimate mode : on) ^^

Sebenarnya ada 4 cara pilihan verifikasi di halaman GoogleApps perihal verifikasi email custom domain diantaranya, Upload file HTML (Recommended Method), add meta tag, Google Analytics dan Domain name provider (ketiga cara ini termasuk Alternate Method).

1. Recommended: HTML file upload

Cara ini merupakan cara termudah buat user yang tidak ingin ribet. Pertama-tama download terlebih dahulu file HTML yang ada di GoogleApps (1) >> Cukup upload file HTML dari Google Apps baik lewat CPanel / FTP (2) >> Kunjungi URL yang disediakan di Google Apps (3) kemudian klik tombol verify (4), maka secara otomatis , aplikasi GoogleApps yang Anda ajukan akan langsung terverifikasi saat itu juga.

verifikasi googleapps dengan upload file html

Panduan ini hanya dikhususkan untuk user yang memiliki hosting (WordPress self host)

Panduan Tambahan : Upload file HTML melalui CPanel

  • Silahkan masuk terlebih dahulu ke cpanel Anda
  • Cari dan klik File Manager
  • Saat di File Manager cari dan klik Public_html kemudian cari dan klik domain Anda. Maka, di box isian akan menjadi Public_html/domainAnda
  • Atau jika bingung melewati proses ini, lihat gambar yang ada di bawah

upload file html di cpanel

2. Add Meta Tag

Cara verifikasi Google Apps dengan menambahkan Meta tag di bagian header blog Anda. Cara ini bisa diaplikasikan langsung oleh pengguna blog platform WordPress (self host) dan Blogger (custom domain).

Bagi pengguna WordPress :

  • bisa langsung masuk ke dashboard wordpress Anda,
  • Klik Appearance lalu pilih Editor kemudian pilih header.php
  • Cari tag </head> kemudian pastekan Kode dari GoogleApps tadi tepat di atas </head>

Bagi Pengguna Blogspot :

  • Masuk terlebih dahulu ke dashboard blogger Anda
  • Klik Template >> Edit HTML
  • Klik Expand template widgets (beri centang)
  • Cari tag </head> kemudian pastekan Kode dari GoogleApps tadi tepat di atas </head>
verifikasi googleapps html tag

 3. Google Analytics

Persyaratan yang harus dipenuhi dalam memverifikasi kepemilikan domain di GoogleApps menggunakan Google Analytics adalah Anda harus menggunakan asynchronous tracking code Google Analytics (1). Tracking code analytics harus berada di tag <head> di blog Anda (2) dan yang ketiga, Anda merupakan pemilik akun Google Analytics tersebut (3).

Mengenai penjelasan tentang asynchronous tracking code bisa ada dapatkan informasinya di halaman ini. Cara ini sebenarnya cara yang termasuk mudah apabila website / blog Anda sudah terdaftar di Google Analytics. Tinggal klik Verify saja di googleApps apabila blog Anda sudah memiliki tracking code google analytics

4. Domain Name Provider

Jujur, menggunakan metode ini benar-benar sulit. Karena antara domain registrar satu dengan yang lain, caranya akan jauh berbeda.

Sebagai contoh Namecheap, kita akan merasa kesulitan mengikuti panduan yang ada di GoogleApps apabila menggunakan nameserver hosting yang berbeda (bukan Namecheap).

Sebab apabila di pengaturan Nameserver Namecheap menggunakan hosting lain, masalah yang timbul pada saat proses memilih All host records di pengaturan namecheap domain adalah Anda tidak akan menemukan hal itu.

Untuk menemukannya Anda harus memilih opsi Transfer DNS back to us (sumber: Why are Email, URL forwarding and All Host Records options missing in my Namecheap account?). Kecuali jika domain Anda terdaftar dan berhosting di namecheap tentu cara verifikasi ini bermanfaat.

Silahkan bagi yang ingin mengeksplorasinya lebih jauh, bisa langsung mengikuti panduan yang telah disediakan dengan mengklik “select your domain registrar or provider”. Atau bisa menonton video di bawah ini jika domain registrar anda menggunakan Godaddy

Kebetulan, pada tahap ini saya menggunakan domain register di domain.com (domain name provider saya set ke other). Adapun mengenai keabsahan informasinya, proses ini hanya menjadi pembanding saja dan sekaligus sebagai gambaran, bagaimana cara verifikasi GoogleApps menggunakan domain name provider.

Panduan Menambahkan TXT Record

  • Copy TXT Record dari GoogleApps
  • Login terlebih dahulu ke domain control panel Anda, Karena saya menggunakan domain.com maka saya login ke control central domain.com
  • Kemudian saya memilih domain yang ingin saya verifikasi di google apps dengan menambahkan TXT Records. (lihat gambar di bawah )
  • Setelah menambahkan TXT record di domain tadi, saya kembali ke halaman GoogleApps Verifycation dan mengklik tombol verify. Done

TXT record googleapps

memasukkan txt record di domain

Jika cara ini gagal, maka Anda bisa menggunakan cara alternative dengan menambahkan CNAME record di konfigurasi DNS domain

CNAME ALIAS

Caranya

  • Masih di halaman control central domain.com
  • Ganti Opsi Pengaturan DNS menjadi CNAME (Alias)
  • Masukkan CNAME Label / Host dan CNAME Destination / Target ke konfigurasi DNS domain yang didaftarkan ke Google Apps
  • Setelah menambahkan CNAME (Alias)di domain tadi, saya kembali ke halaman GoogleApps Verifycation dan mengklik tombol verify. Done

input cname alias

Jadi, sesuaikan langkah-langkah yang ada di atas dengan tempat domain provider Anda masing-masing ya. Langkah-langkah yang ada di atas menggunakan Domain.com sebagai subjeknya,

Kesimpulan

  1. Urutan cara termudah verifikasi domain di google Apps dimulai dari cara 1 hingga cara 4. Silahkan gunakan salah satu metode verifikasi Google Apps domain Anda di atas.
  2. Bagi Pengguna blog WordPress self host saya merekomendasikan cara ke-1 dan cara ke-2 (pilih salah satu di antara keduanya).Cara 3 diperlukan beberapa syarat penting yaitu domain yang ingin diverifikasi sudah terdaftar dan memiliki tracking code di google Analytics. Sedangkan cara ke-4 dibutuhkan informasi domain registrar Anda berasal dari mana.Mungkin ditanyakan terlebih dahulu ke penyedia hosting dan domain tempat Anda membeli domain tersebut (khusus pembeli domain di pasar lokal).
  3. Sedangkan bagi pengguna Blog berplatform Blogspot custom domain, saya merekomendasikan ke pilihan cara ke-2 dan ke-3. Mengapa cara ke-1 tidak saya sarankan ? itu karena Blogspot tidak memiliki hosting sendiri.Jadi, akan kemana kita mengupload file tersebut ?. Nah, untuk cara ke-4 sama seperti penjelasan saya di sebelumnya.
  4. Silahkan Anda bereksperimen sendiri, temukan cara mana yang menurut Anda lebih mudah untuk Anda ikuti. Jangan takut trial dan error. karena Practice make be perfect

Apabila sudah melakukan proses verifikasi domain di GoogleApps langkah selanjutnya adalah menambahkan MX records. Untuk Blogspot custom domain silahkan searching terlebih dahulu di Google (maaf tutornya belum sempat saya selesaikan) sedangkan untuk WordPress Self host langsung menuju ke halaman Email custom domain kemarin.

Silahkan baca,

Cara buat email domain sendiri

Semoga bermanfaat, ^^

11 thoughts on “4 Cara Verifikasi Domain di GoogleApps

    • benar juga ya mas, prefix itu cukup membuat sejumlah pertanyaan.. nanti saya cari dulu caranya di google

  1. mau diakses pakai www mas Budi? Kalu pakai wp bsa diganti melalui di setting > general. Nah bisa juga melalui cpanel dengan menggunakan reddirect 301 permanent, masukkan kode ini ke file .htaccess Anda:
    RewriteEngine On
    RewriteCond %{HTTP_HOST} ^pengunjungblog.com [NC]
    RewriteRule ^(.*)$ http://www.pengunjungblog.com/$1 [L,R=301]

    Kalau pakai blogspot, saya tidak seberapa tahu. Tapi pasti bisa lah, tanyakan ke penyedia domainnya, bisa minta redirect-kan via servernya, ngga? Biasanya sih bisa, wong saya dulu bisa meredirect domain tanpa hosting.

    Semoga bermanfaat mas,

    Mas Dhany, tulisan Anda jelas dan lengkap. Saya suka!

    • kalau untuk wordpress, opsi lain redirect 301 bisa menggunakan plugin Platinum seo pack, tapi jika tidak ingin menggunakan plugin cara mas saiful di atas tentu sangat berguna.
      saya hanya tahu redirect domain di fitur cpanel hosting, mungkin mas saiful bisa menuliskan tutornya, (ngarep juga ^^)

  2. Saya belum pernah membuat email menggunakan fasilitas dari Google Apps. Ini menar2 gratis ya.. Saya jadi berminat ingin mendaftar juga.
    Terima kasih atas tutorial cara verifikasi ke Google Apps ini

  3. mas gmn caranya klo buat google apps dengan domain yang udah pernah didaftarkan sebelumnya, saya udah coba verifikasi kepemilikan tapi gagal, saya beli domain di name.com tapi gak ngehosting dsitu. mohon petunjuknya ya, tlong reply ke mail saya. trims

    • sebelumnya saya ingin bertanya terlebih dahulu mas, blog Anda WordPress atau blogger ?
      kalau wordpress, biarpun punya domain di name.com tetapi ngehosting di tempat lain, verifikasi bisa dilakukan, menggunakan 4 cara yang dimaksud,
      sedangkan blogger bisa menggunakan cara edit theme atau jika sudah memiliki google analytics mungkin bisa verfikasi lewat situ

      untuk mengakses domain yang pernah didaftarkan di google apps bisa menuju ke dasbhoard google apps,
      _http://www.google.com/a/domainanda

      isikan username dan password yang telah anda daftarkan sebelumnya

Comments are closed.