Bad news di akhir tahun, Google Sandbox dan Google Banned

google sandbox
gambar dari google

Berbicara mengenai gejala Google sandbox dan Google Banned, sebelumnya, saya bertanya-tanya mengapa salah satu blog saya pengunjungnya berhenti secara mendadak menjadi nol dan salah satunya lagi turun secara drastis setelah melihat di Google Analytics.
Padahal saya baru merasakan manisnya meningkatnya penjualan secara drastis di amazon associates di bulan Desember 2010, momentum bulan Desember memang sudah saya perkirakan bakal menarik dan telah mempersiapkannya jauh-jauh hari.
karena indikator google trend lah mengapa 2 bulan di penghujung akhir tahun peningkatan sebuah trend produk terjadi.

Itu Good newsnya, Bad newsnya beberapa blog saya hilang dari peredaran search engine. Saya kira blog saya tersebut terhempas ke beberapa halaman google. Namun, setelah mencari-cari hingga 10 page google, hal yang saya takutkan terjadi yaitu beberapa keyword yang saya bidik hilang dari peredaran.

Otomatis saya langsung memakai cara mengetahui blog yang terkena Google sandbox

Mencoba mengetikkan
site:mydomain.com

Alhamdulillah, masih ada

Mencoba kembali dengan membuka tab baru mengetikkan quary di google
site:myadomain.com *** -sljktf

Ternyata selisih temuannya berbeda jauh.. dan jumlahnya sangat extreem, ini dinamakan suplemental result. Umumnya, wajar jika terkena suplemental result jika selisihnya sedikit. Namun, perbedaan yang mencolok hingga ribuan page.. pasti ini namanya google sandbox dan saya tidak berhenti sampai di situ
saya mencoba memakai cara mengetahui Google banned dengan menggunkan service di

hxxp://onlinealley.com/seotools/googlebannedchecker/ (ganti hxxp menjadi http)

google banned

Screenshoot di atas menunjukkan blog saya terkena Google banned. Parahnya, subdomain yang mengikutinya pun juga ikut-ikutan kena. Tapi, saya tidak abis pikir, kok bisa sih? Blog ini terkena pinalty Google.

Jika blog satunya yang hilang dari Search Engine Result Page (SERP) adalah wajar, karena menggunakan Semi Autoblog hehehe, hanya memanfaatkan RSS dari amazon. Dan telah saya lupakan sejak 2 bulan yang lalu. Tapi ya, sedih juga kehilangan blog tersebut.

Beberapa tanggapan saya mengenai Google sandbox dan Google Banned

  1. Jika masih ada di SERP, namun terdapat suplemental result yang tinggi, untuk melepas google sandbox, mungkin tanam backlink yang berkulitas bisa merayu google kembali dan menangkap kembali blog kita di mata search engine selain posting artikel yang dilakukan secara rutin.
  2. Saya masih ragu hasil dari menggunakan service Google banned checker pihak ketiga. Karena, SERP blog ini saja masih ada dengan mengetikkan berberapa keyword blog ini. Apakah ada tool resmi dari Google mengenai Google banned checker ?
  3. Mungkin ini bisa dijadikan suka duka blog yang ber-semi-autoblog. Tidak selamanya blog semi autoblog itu indah. Tapi enak juga sih>> ::hammer
  4. Jika blog ini benar dibanned atau terkena sandbox, analisis saya cuma satu, blog ini jarang di update sehingga terjadi demikian, atau ada indikator lain bisa menambahakan? Akibat spam mungkin?? ah tidak mungkin, tanam backlink saja jarang saya melakukannya.

literatur :

  1. www.albri.info
  2. www.borneo.web.id

Update mengenai Google Sandbox dan Google Banned

Ada tool lain yang baru saya temukan untuk mengecek blog yang terkena google banned
Munking bisa check di www.bannedcheck.com
Setelah menggunakan service tool di website di atas blog saya ini NOT BANNED dan telah saya tes juga dengan blog satunya yang semi-autoblog hasilnya cuma terkena sandbox dan bukan terkena GOOGLE Banned Alhamdulillah..

google banned

Saatnya menjadikan Tanam Backlink secara natural sebagai hobby
untuk menghindari atau meminimalisir terkenanya Google Sandbox ^^

8 thoughts on “Bad news di akhir tahun, Google Sandbox dan Google Banned

  1. Emang parah deh kalau google dah murka, dulu salah satu blog saya pernah kena ga tau apa sebabnya karena semua tulisan bukan copy paste tapi 1 artikel ada yang ga di index google lagi padahal tu artikel dah PR2, dah berkali2 minta peninjauan ulang tapi dah ampir setaun tetep ga mau balik

    Blom lagi ada domain yang bener2 ga mau di index google walau dah ampir 8 bulanan, mungkin dari awal dah dibanned google atau itu bekas domain drop yang dibanned google kayanya :(

    Tapi ngomong2 hebat gan amazonnya dah pecah telur, saya dulu pernah nyoba ga dapet penjualan sama sekali walau pengunjung dah tembus 1000 per hari, akhirnya tu domain saya rombak ulang & dipakai uat GA doang pakai artikel sendiri,

    • saya belum pernah beli domain berPR gan, soalnya saya baca2 di forum banyak yang jual PR domain fake.. makanya mulai dari nol.
      tapi mulai domain yang fresh jika keyword yang dibidik ngena dan didukung dengan SEOnya maka bisa menang di page one

      agan juga hebat kok,, bisa datangin visitor mpe 1000/hari itu sebuah prestasi gan.. saya juga 1000 visitor tapi perbulan hehehehe..
      Malah GA saya ga beranjak dari angka nol..

      BTW, terima kasih atas kunjungannya ke blog yang sepi begini ^^

  2. setelah dicoba untuk blog ku
    1. site:mydomain.com = 904
    2. site:myadomain.com *** -sljktf = 1,390

    berarti banyak artikel ku yang ditelan ya mas….
    bagaimana ya supaya bisa muncul kembali… thanks

    • menurut saya itu tidak terlalu mencolok mas goceng, cuma beda 500.. sedangkan di lihat perbandingannya itu cuma 1: 1 koma sekian. kecuali perbandingannya antara keduanya di atas 1 : 3 misalnya. itu perbandingannya bukan artikelnya mas tapi berdasarkan quary (kata kunci yang terindeks di google)
      wajar mas.. jika blog terkena selisih suplemental results, setiap blog pasti terjadi demikian

  3. Parah banget seperti penyakit yang sulit di tebak kapan sembuhnya
    memang sih bukan kronis namun nunggu sembuhnya ini lama ga ada batasannya
    sabar tetap vitaminnya di minum alias posting dan backlink
    ok

  4. Mas mau tanya dong,blog saya engga juga terindex.tapi visitornya jalan terus.lumayan malah sekitar 100.bingung saya.

  5. Adu gan………..aku juga bingung ini.sebelum 3 hari yang lalu pengunjung blogku hampir stabil pengunjungnya diatas 100 tiap hari.tapi semenjak 3 hari lalu turun drastis.jangankan 100 untuk menembus 10 aja sulit…gimana solusinya gan…kali saja bisa bantu saya mengatasi ini.bila kita mau mengadu ke google gimana caranya? mkasih sblumnya ya…..

    • banyak faktor gan kenapa traffic turun,salah satunya posisi SERP sekarang ini suka berubah2 tak tentu mungkin terkait update algoritmanya,
      berkaca dulu gan, artikelnya original tidak ? atau
      mungkin ada salah satu atau bebearapa hot keyword trend di blog agan sudah habis masa berlakunya

Comments are closed.