Hasil Percobaan dari Cabut Plugin SEO

Beberapa waktu lalu saya mendokumentasikan beberapa perubahan yang ada di blog ini dengan mencabut beberapa plugin SEO. Tulisan tersebut saya tulis awal bulan Juni lalu dan sekarang sudah bulan Oktober. Maka sudah jadi kewajiban saya untuk melaporkan sekaligus mempertanggungjawabkan (ce ile) kepada teman-teman semua.

Berhubung ada yang nanya, sekaligus saja saya utarakan lewat tulisan ini. Sebenarnya saya tidak hanya mencabut beberapa plugin SEO saja di blog, banyak perlakuan lain yang saya lakukan.

Misalnya saja,

  1. Memperbaiki struktur title postingan (post title format) di plugin platinum seo pack, dengan hanya menyisakan %post_title%. Embel2 setelahnya saya buang. ini mengikuti kata orang (entah siapa orangnya, maaf saya lupa). Katanya, posisi SERP dipengaruhi oleh penggunaan match title (title tag yang SAMA ketika ada pengunjung mengetikkan kata kunci di halaman pencarian google).
  2. Menghilangkan tags di artikel. Sebab, saya anggap tag itu sudah tidak berguna lagi dan kurang diperhatikan oleh search engine. Adakah orang yang mengklik link tag di blog ? CTRnya kecil dan buat navigasi kurang baik. Ini menurut saya sih ^^ cmiiw
  3. Karena tulisan rata2 blog ini bukan konten news, maka saya menghilangkan tanggal di artikel. Tujuannya untuk meningkatkan CTR di SERP. Ya.. dibarengi dengan doa, semoga saja ada yang ngeklik link postingan saya meskipun bukan di posisi teratas, hehehe. tapi perubahan ini makan waktu, dan tidak semua artikel di SERP tanggalnya hilang.
  4. Mengedit beberapa artikel dengan memberi link tautan antara satu dengan yang lain secara manual. Tujuannya selain buat ngelink juga buat menambah informasi tambahan kepada pembaca.

Hasilnya, TRAFFIC STABIL GAN.. walaupun jarang update. Ada beberapa artikel pillar yang beberapa di antaranya ada yang tenggelam di makan zaman kembali lagi ke posisi sebelumnya. Namun, banyak juga di antaranya malah makin merosot / hilang di pencarian Google akibat copas oleh orang lain.

perbandingan sebelum dan sesudah di google Analytics
perbandingan sebelum dan sesudah di google Analytics

Selama 4 bulanan ini saya juga menganalisa keyword dan link external yang masuk, rata-rata banyak terjungkal di SERP akibat dicopas dan link spam di 4 bulan sebelumnya (dibom link, kebanyakan dari .edu sementara saya tidak pernah nanam link edu). Tetapi syukurlah, sudah ada fitur disavow link di webmaster google tools. Informasinya lihat timeline twitter saya di samping blog ini (kalau masih ada), jangan lupa di follow ya., ngarep

Saya mendapatkan kesimpulan pencabutan plugin SEO STT2 dan SEO ALRP di blog ini berimbas kepada traffic yang masuk. Kalau STT2 dicabut berimbas kepada hilangnya variasi keyword yang terekam dan tergenerate di postingan. Akibatnya, dominasi dari keyword berkurang di search engine. Ada untungnya juga tu plugin dicabut agar pengunjung dari search engine tidak kecewa terhadap apa yang mereka cari. Tapi traffic berkurang gan ^^

Sedangkan pencabutan SEO ALRP, berimbas kepada copaser yang kurang jeli makin merajalela. Akhirnya, saya memutuskan untuk menonaktifkan selecting text di blog guna mengurangi aksi plagiat dan tidak ingin ribut dengan blogger lain.

Plugin linkwithin setelah saya cabut mempengaruhi turunnya CTR Pageviews. Ya.. karena update terbarunya SEO ALRP saya gunakan di blog lain hasilnya mantap buat pageviews, mungkin ke depan saya mempertimbangkan plugin itu lagi untuk dipasang ketimbang cara manual related post di blog.

Ada beberapa artikel yang tidak saya tautkan lagi menggunakan wp syndicator karena terkait dengan Google mulai memperhitungkan diversity link (variasi link berasal). Hasilnya memang artikel baru yang terposting semakin lambat diindeks. Mungkin ini ada kaitannya dengan jarang update dan link spam kemarin. Namun beberapa di antaranya saya mulai memperhitungkan anchor text diversity (variasi anchor text) digunakan bersamaan di fitur wp syndicator.

Saya juga sempat mengukur sejauh mana keefektifan +1 terhadap artikel. Kalau bisa saya katakan ini bukan hasil final dan bisa saja ke depan tidak mutlak ini benar. Bahwa +1 mempengaruhi SERP.

Teknik ini juga sempat saya guanakan ketika mengikuti kontes SEO kemarin. Hasilnya memang buat senyum2 sendiri melihat hits yang masuk dari search engine meskipun tidak bertahan cukup lama karena kurangnya optimasi lanjutan. Lagipula ada jasa +1 di fiver gan^^. Dan beruntunglah kalau artikel Anda di plusone oleh orang lain.

Kalau untuk konten Indonesia dan ingin meningkatkan traffic referral yang mantap bagusnya itu dari viva, lintas me dan infogue. Tak jarang link yang kita tanam di situ terindeks bagus di serp, ujung2nya bagus juga buat kedudukan postingan artikel kita. Tapi perlu diperhitungkan lagi, penguin Google memperhitungkan diversity link ^^. Ya bijaklah dalam mencari link

Selesai,

nb. ini hanya uneg2 saja (coba2), belum tentu semuanya benar dan bekerja baik untuk Anda. Mohon maaf jika ada yang salah (kemungkinan ^^) disini kita sama-sama belajar gan, ok gan,, thx sudah membaca sampai akhir ^^

21 thoughts on “Hasil Percobaan dari Cabut Plugin SEO

  1. Saya termasuk yang menunggu dan menanti kelanjutan dari artikel Mencabut Beberapa Plugin, dikirain lupa??? akhirnya muncul juga….
    menambah pengetahuan saya..:)

    • sebenarnya saya tidak kepikiran untuk membuat tulisan ini mas, berhubung ada yang nanya, ya gitu.. beberapa di antaranya masih ada di draf
      syukur deh mas, kalau kurang sedikit bisa menjadi pembelajaran

    • iya mas menurun dari sebelumnya, faktor lain yang berpengaruh sebenarnya expirednya keyword trend

    • itu tampilan analytics per week gan bukan per day jadi wajar jika tamplan angkanya tinggi seperti yang terlihat

  2. Si tolol ini terlalu banyak menuliskan istilah2, mungkin supaya dianggap expert kali ya? wk3

    sorry, ini hanya uneg2 saja.. tapi saya utarakan dgn sangat keras!!

  3. Tambah ilLmu gan… Thanks atas curhatannya… kalo boleh tau untuk blog ini plugin yang masih dipasang apa aja ya..?? terima kasih sebelumnya..

    • tidak sampai 20an mas,
      kalau untuk seonya, PSP, wp syndicator, wp pagenavi, seo alrp, google sitemap, DD sitemap generator, Maxblogpress ping optimizer,
      sisanya plugin social, security dan cache dll

  4. Kenapa ya plugin penting seperti linkwithin-nya dicopot, sayang sekali bila dapat mempengatuhi jumlah pageview bagi blog anda

    • untuk tautan antar link postingan jelek mas, (menurut saya),
      source code yang tampil (ctrl + U) dari satu halaman, script yang terbaca hanya berupa script javascript,

      sedangkan jika dipasang dengan cara manual, akan terbaca sebagai tautan antar link yang satu dengan yang lain. (seo onpage)

  5. Main auto-autoan emang nggak baik, apalagi buat ningkatin backlink. Meskipun ane pake wp-syndicator juga, ujung-ujungnya masih auto-manual. Biar nggak kedetek sama spam. Di zaman seperti sekarang ini, kayaknya udah gak ada istilah ‘set and forget’. Kalaupun di praktekkan, pasti langsung dibasmi sama panda dan pinguin yang patrol tiap hari.

  6. Mau tanya nih mas , plugin anti spam yg mas gunakan itu plugin apa ya , saya sudah mengunakan si captha anti spam , namun tetap saja blog saya di serang ratusan bahkan rubuan komentar spam dalam 3 hari , tolong di balas mas , atau kalau bisa di balas lewat email , trimakasih

  7. whoaaa..
    ane newbie..
    perlu banyak belajar dari pengalaman master nihh… :)
    makasih sharenya… :)

Comments are closed.