Hati-Hati Menulis Kata Freelance di Internet

kata Freelance
Aktifitas Freelance

Freelance dalam kamus besar bahasa inggris yang terbarukan diartikan sebagai pekerja lepas. Dalam arti kata lain, kerja serabutan yang bekerja untuk dirinya sendiri. Statement itu yang saya yakini dan pahami hingga sekarang.

Namun, dalam perjalanannya serta banyaknya konsumsi waktu yang saya habiskan di dunia online. Ternyata, kata freelance merujuk kepada penulis lepas yang menjual jasa ke beberapa orang lainnya sebagai penulis tanpa ikatan kontrak yang panjang sesuai kesepakatan bersama.

a writer or artist who sells services to different employers without a long-term contract with any of them

Dugaan ini diperkuat setelah membaca-baca artikel yang ada di Catatan Motivasi Blogging Indonesia asuhan Agus Siswoyo. Secara tersirat, saya mengartikan kalau freelance dianggap sebagai arti dari penulis lepas, karena begitu inginnya orang lain memburu seorang freelance (penulis lepas), saya juga ikut-ikutan diburu. Beneran loh..

Padahal dari kenyakinan yang saya anut tersebut, kata freelance merujuk kepada kesibukan offline yang tidak dibatasi oleh ruang dan waktu. Juga, kata freelance berarti kesibukan di online yang menganut paham bekerja untuk dirinya sendiri

Freelance mean working for yourself

Pantesan teman-teman lain yang mengejar adsense, selling on amazon dan clickbank menyebut diri mereka sebagai internet marketer, ternyata begitu toh maksudnya ?

Tapi bagi saya, sebutan sebagai seorang internet marketer itu masih jauh dari apa yang saya peroleh hingga saat ini, far far away begitulah bunyinya.

Makanya di setiap halaman profil situs jejaring sosial, karena ingin dianggap “wah” memiliki aktifitas online mengejar rupiah dan dollar yang hanya segelintir saja orang melakukannya, penggunaan kata freelance adalah sebutan yang pas buatku waktu itu.

Hasilnya, berbagai penawaran untuk diajak sebagai ghost writer begitu sebutan synonym lainnya dari kata freelance, datang berturut-turut. Bukan hanya satu satu tapi dua hingga tiga malahan. Untuk itulah kemudian saya merenungi apa yang telah saya lakukan sehingga minat untuk mengamini tawaran demi tawaran tersebut tidak ada?

Dari segi kualitas artikel pun, masih jauh dari para master-master yang ada di atas sana, untuk memproduksi artikel saja dibutuhkan waktu hingga berjam-jam karena didukung oleh koneksi serba terbatas. (buka kartu ni ye.. )

Saya bukanlah expert di bidang ini, hal ini saya lakukan hanyalah semata-mata mengejar traffic,, jujur saya suka traffic, sebab..

more traffic = little money or nothing

Dengan memainkan perasaan pengunjung blog melalui rangkaian kata-kata masih belum bisa dikatakan apa-apa sebagai seorang amatir yang baru menekuni secara kurang sedikit dari kata serius dan kontinu melalui berbagai blog yang saya urus.

Sementara, calon client tidak terlalu mengurusi bagaimana saya memproduksi artikel, yang mereka tahu hanyalah di portofolio halaman profil akun saya mencantumkan kata “freelance” serta alamat blog yang terurusi. Di sinilah letak kesalahan saya menempatkan kata freelance di situs jejaring sosial yang tidak tahu menahu tentang arti sebenarnya di dunia online.

Untuk itu, saya segera menghapus kata freelance dari berbagai halaman profil akun situs jejaring sosial agar tidak terjadi lagi kekeliruan di masa mendatang. Maaf, atas segala kekhilafan yang ada. ^^

Atau kata freelance berarti lain ? jangan-jangan saya salah menafsirkan lagi ? :)

8 thoughts on “Hati-Hati Menulis Kata Freelance di Internet

  1. freelance sepertinya bukan hanya pada penulis mas.
    yang saya tahu selama ini freelance ialah orang yang bekerja ataupun melakukan aktivitas tanpa adanya keterikatan dengan tempat dia bekerja.
    misalnya saja, seorang marketing freelance di sebuah bank atau apapun itu.
    mereka bisa masuk atau ga, terserah karena tidak ada kontrak, akan tetapi mereka baru mendapatkan income, setelah bisa menjualkan produk dari bank tersebut.
    Karena banyak temen saya yang memang seperti itu.
    Untuk di dunia internet, penulis freelance sih bisa.
    Tapi kalau internet marketer, aneh kalau di sebut freelance :D
    CMIIW

    • yup, setuju
      freelance di dunia offline beda artinya di dunia online, kebanyakan freelance selau mengacu kepada penulis lepas untuk sebutan dunia online

  2. Pemahaman saya, freelance itu adalah penjual jasa yang bekerja di dunia online (internet), yang bekerja secara perorangan, bukan bekerja di bawah sebuah perusahaan. Terus freelance lingkupnya bukan hanya penulis saja, tapi bisa web designer, graphic designer, dll.

  3. Yah namanya jg istilah, pasti artinya jadi banyak.. Tp memang sy akui kualitas tulisan anda termasuk sangat baik, sy sampe heran gmn caranya dapet ide dan penjelasan sebanyak itu :-)..

Comments are closed.