Memasang Artikel Terkait dengan Thumbnail

Ada beberapa macam plugin wordpress yang bisa teman-teman pergunakan untuk menampilkan artikel terkait dengan gambar. Di antaranya plugin favorit SEO ALRP. Selain memiliki multi fungsi, plugin ini juga mampu menampilkan artikel terkait dengan gambar dan post excerpt.

Karna penggunaan plugin di atas acapkali dilarang pemakaiannya di hosting lokal, maka pilihan saya jatuh kepada Plugin igit related posts.

artikel terkait dengan gambar

Kelebihan dari fitur Plugin igit related posts

  • Berfungsi untuk menampilkan secara otomatis artikel terkait di akhir postingan
  • Artikel terkait yang muncul berdasarkan keakuratan judul dan isi postingan yang saling berhubungan. Jika tidak menampilkan artikel terkait atau tidak ada artikel yang saling berhubungan, maka plugin ini secara otomatis menampilkan random post, (artikel acak)
  • Plugin ini juga dilengkapi dengan blog administrator untuk menempatkan secara manual artikel terkait. Juga ada opsi untuk menentukan jumlah artikel yang muncul. Menampilkan thumbnail gambar atau tidak, pengaturan dimensi ukuran thumbnails, dan fitur untuk menampilkan bentuk style dari artikel terkait, apakah horizontal, vertikal atau simple style.

Menu setting igit related post

  • Ajax Based Admin Options dan ada fitur untuk tidak memasukkan kategori tertentu ke dalam related post.
  • Diklaim sebagai plugin yang SEO friendly

Note : plugin igit related posts hanya menampilkan gambar yang ada di dalam posting dan terdapat di server yang sama. Images atau gambar dari server lain, tidak akan ditampilkan ke dalam related post untuk mencegah pencurian bandwidth. Maksudnya, jika Anda mengambil konten gambar dari source hosting lain, maka gambar tersebut tidak akan ditampilkan ke dalam thumb images related post.

Cara Instalasi

Berdasarkan intruksi yang ada di halaman wordpress.org ada 4 prosedur cara menginstal plugin igit related posts,

1. Download zip folder igit-related-posts-with-thumb-images-after-posts.zip di sini
2. Unzip folder tersebut dan letakkan di plugin direktori di mana kita menginstal wordpress. (wp-content/plugins).
3. Akitfkan plugin di plugin instalaled dashboard wordpress admin panel.
4. Silahkan menuju ke settings->IGIT Rel Post With Thumb Image untuk mengatur konfigurasi setting plugin tersebut.

nb. Jika tidak ingin menginstal plugin melalui FTP atau cPanel, harap gunakan fitur search plugin di dashboard wordpress. Cari dengan keyword nama plugin tersebut

Sangat mudah bukan digunakan. ^^

Semoga saja, dengan menggunakan plugin ini di blog, diharapkan bisa memancing reaksi pengunjung untuk membaca artikel lainnya dari postingan terkait yang ada di blog masing-masing. Sekaligus mempercantik tampilan wordpress milik kita.

Selamat bereksperimen dan happy in blogging with WordPress

Referensi :

IGIT Related Posts With Thumb Image After Posts Official Page

21 thoughts on “Memasang Artikel Terkait dengan Thumbnail

  1. kalo saya menambahkan thumbnail pade plugin mobilepress (wp mobile) dan untuk theme pc-nya saya pake yang udah support thumbnail

    • yup lebih menghemat penggunaan plugin lebih baik ^^
      baru tau mas, kalo mobilpress bissa ditambahkan plugin,, mobilepack juga bisa,,

  2. Kalau di banding SEO ALRP plugin ini lebih aman yang mana mas kalau di gunakan dan untuk SEO menang yang mana…?

    • aman tidaknya itu relatif mas, membuat fungsi artikel terkait itu memakan sumber daya resource hosting, cuma igit related post itu lebih simple fungsinya dibandingkan dengan seo ALRP yang multi fungsi. jadi kinerja hosting lebih ringan Cmiiw

      sedangkan untuk SEO, memasang Related post di artikel juga dianggap sebagai cara untuk memberikan inbound link (internal link building) ke artikel sendiri di blog. jadi apa pun jenis pluginnya asal themes memiliki artikel terkait sudah memenuhi kriteria SEO..

    • yup,, buat berat karena adanya permintaan ke database,, untuk memanggil sejumlah postingan yang akan ditampilkan…
      perubahaan akn terasa apabila memiliki jumlah artikel di atas 2rb postingan. tapi untuk postingan di bawah ini. plugin ini bisa saja digunakan. karena beberapa rekan yang menggunakannya saya lihat blognya tetap ringan aja kok

  3. Saya sebetulnya mencari informasi seperti ini. Tapi setelah dipikir-pikir, sepertinya lebih enak pakai artikel terkait yang biasa saja (teks tanpa gambar) seperti di blog mas ini. Lebih ringan rasanya.

    • benar,, menggunakan fitur image enabled di seo alrp pun buat berat mas, maka dari itu saya memangkas permintaan ke database dengan tidak mengaktifkannya, cuma ada kelemahan dari artikel terkait jika hanya mengandalkan teks yang mengandalkan kekuatan judul, berdasarkan analisa selama ini, yang bergambar malah diklik sedangkan teks tidak, akibatnya pengunjung hanya mampir satu kali.. (ini yang terjadi di blog ini), tapi tergantung pada penempatan posisi juga sih ^^

      artikel di atas terinspirasi dari pertanyaaan mas leo di blognya danisetiyawan mas :)

      • Bener juga. Dimana-mana yang bergambar itu pasti lebih menarik daripada cuma teks.

        Oh ya, waktu saya lihat deskripsi artikelnya di Google Plus, saya sudah ngira ini pasti gara-gara pertanyaan saya di blognya danisetiyawan. Dan ternyata benar :D hehe

  4. Tutorial plugin trealted post nya jelas banget, terima kasih kang adhani sudah berbagi..sukses selalu dengan blognya..salam blogger..

    • maaf ini untuk wordpress saja, sedangkan untuk blogspot ada caranya sendiri,,
      bisa disearching di google ^^

  5. mending pake yang biasa aja deh. kecuali emang thumbnail artikelnya menarik end bikin pembaca pengin ngeklik :D

Comments are closed.