Mengatasi Duplikat title tags dan meta description Akibat Plugin MobilePack

Penurunan traffic blog akibat duplikat meta description dan title tags
Traffic Blog turun

Awalnya aku mengira Perubahan algorithm Search engine mengakibatkan blog yang kugawangi di adhani.com ini mengalami penurunan traffic yang signifikan. Terbukti beberapa hari lalu, aku terus mengamati jumlah pengindeksan yang selalu berubah-ubah.

Padahal nih ya, aku sudah merombak habis-habisan setingan STT2 yang mampu membuat index page dan traffic bertambah berkali-kali lipat. Serta mereduce penggunaan plugin yang bakalan “membuat halaman terindeks”

Tetapi kenyataannya sekarang, Jumlah pengindeksan meningkat berbanding terbalik dengan jumlah traffic.

Ada apa gerangan ?

Aku kira itu wajar, ternyata setelah aku telusuri penyebabnya tak lain adalah dampak akibat penggunaan plugin wordpress mobilepack.

Baca juga :

Cara Membuat Mobile Site di WordPress dengan Plugin Mobilepack

Mobilepack Vs MobilePress,

Memang plugin ini mampu membuat blog wordpress menjadi mobile site. Namun, ada kelemahan serius dari penggunaan plugin ini, yaitu tidak mampu mengatasi duplikat title tags dan meta description yang mengakibatkan masalah di SEO.

Untuk lebih jelasnya coba lihat gambar di bawah

duplicat title tags dan meta descriptions
Contoh duplicat title tags dan meta descriptions di webmaster Google Tool

Agar masalah tersebut di atas terselesaikan dengan baik ada beberapa macam versi cara mengatasi duplikat meta description dan title tags dengan menambahkan “meta noindex” ke dalam mobile site themes, dan membatasi crawl URL wpmp_switcher / wpmp_tp di webmaster Google Tool.

Menambahkan Meta Noindex di Themes mobilepack

  • Login ke cpanel blog wordpress teman-teman,
  • masuk ke root directory namablog/wp-content/themes/mobile_pack_base,
  • lalu edit header.php
  • Tambahkan <meta name=”robots” content=”noindex” /> sebelum </head>
  • Jangan lupa save untuk menyimpan.
meta noindex di mobilepack
Mengedit Themes WordPress Mobile Pack di Cpanel
menambahkan noindex di mobilepack
menambahkan <meta name="robots" content="noindex" /> di themes mobilepack

Dari berbagai sumber yang saya baca, teman-teman juga bisa menambahkan rel=canonical dan pemberian attribut nofollow. Tapi saya rasa cukup dengan noindex saja sudah cukup.

Selanjutnya, membatasi Crawl Googleboot terhadap URL Paramater

Berfungsi untuk memberi tahu Google agar tidak mengcrawl URL Paramater wpmp_switcher dan wpmp_tp di halaman indeks Google.

  • Login terlebih dahulu ke Google Webmaster Tool
  • Pilih Site Configuration
  • Pilih URL Paramaters
  • COba lihat ada beberapa macam Parameter URL yang bisa teman-teman batasi agar Googlebot tidak atau Meng-crawl URL tersebut, salah satunya Replytocom dan lain-lain.
  • pada parameter URL wpmp_switcher dan wpmp_tp klik edit
  • pada bagian Does this parameter change page content seen by the user? pilih yes:changes, reorders, or narrows page content
  • Pada bagian Which URLs with this parameter should Googlebot crawl? pilih NO URLs
  • pilih save untuk menyimpan
url parameter di webmaster
Menghalau crawl url parameter di webmaster
mengatasi duplikat title tags di wordpress
menghalau crawl Google terhadap URL Parameter wpmp_switcher / wpmp_tp

Alhamdulillah, setelah beberapa waktu, pengindeksan adhani blog beransur kembali ke jalur normal. Dari indeks page 60an ribu menjadi sekian ribu saja.. (mudah-mudahan saja terus berkurang).

Tinggal menunggu waktu saja, hingga Status di HTML Suggestion Google Webmaster Tool, zero duplicat title tags dan zero duplicat meta description akibat penggunaan plugin wordpress Mobilepack

Referensi :

http://www.istanto.net/seo-wp-mobile-pack-causing-problem-on-duplicated-meta.html

http://wordpress.org/support/topic/plugin-wordpress-mobile-pack-switcher-link-duplicate-content-problem?replies=5

63 thoughts on “Mengatasi Duplikat title tags dan meta description Akibat Plugin MobilePack

  1. weh ternyata berpengaruh juga ya mas :D
    Jadi belajar hal baru lagi nih.
    Oh iya, rahasia biar indexnya bisa segitu banyaknya apa mas?
    Bagi-bagi donk.he…
    Kalau dari artikel berarti saya harus rajin nambah artikel lagi nih :lol:

    • dulu indeks begitu banyak karena penggunaan plugin stt2 mas, yang masih tersetting ke halaman search, trus kesalahan fatal saya dalam mengubah struktur permalink di stt2.. jadinya banyak yang diindeks oleh google ke arah no post found. trus saya siasti dengan robots.txt,

      klo indeks yang sekarng itu semua karena duplicat title tags dan meta description, atau sisa-sisa dari link search stt2 yang masih tercrawl
      sedangkan indeks yang ribuan itu malah membuat saya khawatir mas, jumlah postingan 130 malah terindeks jadi 7 ribuan, padahal saya sudah menofollow tag dan category.. sekarang saya lagi mendisable link to post di bagian artikel (stt2), pokoknya berbahaya :)

  2. Wahh.. infonya maknyos neh gan, kebetulan skali saya sedang ingin mencoba plugin yang ini…
    thanks for share yach…

  3. sorry OOT
    kya na ada tulisan yang kurang enak dibaca deh. Perubahan algorithm dan blogberansunr kembali.
    jangan2 waktu menulis artikel ini agan keburu2 yaa?

    mmmm gt ya menyiasati na. klo mengenai URL yang telah dihapus secara manual tapi google masih menganggap na ada, gimana tuh?

    • thanks sudah memperhatikan,^^ sengaja gan, saya hanya mau tau sejauh mana teman-teman yang membaca artikel ini, apakah fast reading atau tidak.. ternyata mas ibnu teliti ya ^^
      Sepertinya butuh waktu gan, setahu saya dan klo saya tidak salah, namanya Google cache.
      jadi butuh waktu buat google untuk menyadari klo ada URL yang telah kita hapus di webmaster. CMIIW

      • kuis na sekarang aneh, masa pke kata apa bila kamu manusia? emang ngga ada kata lain ya gan? :-)hehehehe
        btw CMIIW itu apa yaa? maklum masih kurang kosakata na. malu mo on

        • Sudah saya ganti gan,, :) ternyata saya lebih enak pake matematika dibandingkan kalimat hehehe
          CMIIW = Correct me if i wrong :)

  4. Sy ga pake versi mobile gan, dulu pernah tapi tampilannya ke versi mobile terus pusing juga utak atik padahal dah sesuai settingan akhirnya ya cabut lagi deh pluginnya

    • dulu saya juga tidak minat dengan blog mobile gan, tapi karena demi mengejar Bucks lewat mobile,, ya mau tidak mau.. alternatif selain adsense..
      lagi pula belum diterima di idblognetwork sudah 4 bulan daftar hahaha.
      mau pasang adsense khawatir juga..

  5. Wah saya masih belum ngerti bgt masalah title tags dan kawan2nya, maklum masih newbie saya…
    tapi postingannya tetap saya baca djuga ampe abis… hehehhe :D

  6. Mas, dulu salah satu blog saya dipasangi AGC oleh teman saya. Setelah saya tahu, dia mencopot kodenya. Tapi persoalannya di search page-nya blog itu udah ‘nyantol’ atau udah kadung ke indeks Google beberapa keyword yang gak ada hubungannya sama blog saya.

    Padahal saya udah set no-index di All-in-one SEO pack dan di STT udah saya pasang no link to search page. Ada cara untuk mengatasinya gak?

    • di stt2 hapus keywordnya dengan cara memberi batas penghapusan keyword setting di bagian auto clean up unused search term after beri angka 5 hari atau 10 hari di bagian itu..

      selanjutnya blokir akses crawl halaman search dengan robots.txt caranya bisa anda temukan di exclusivewordpress dot com

      jika mau cepat hapus satu-persatu url yang mengarah ke 404 not found, tapi biasanya setelah memasang paramater search di robots.txt Crawl tidak akan mengindeks halaman tersebut

      kayaknya seperti itu, tapi butuh waktu mas,, cara terbaik iyalah menghapus halaman yang terindeks satu persatu di google webmaster tool

        • sama-sama, semoga fix masalahnya,..
          jika masih mengalami kendala,, saya cuma bisa merekomendasikan forum adsense-id.com
          disana mungkin banyak yang lebih tahu penyelesaian masalahnya :)

  7. mas, blog saya juga mungkin sedang bernasib sama…posting saya padahal bau 500 tapi index di google udah mencapi 2jt lebih…awalnya sama pake stt2, terus duplicate tittle mencapai 95 rb…cuma setelah saya pake robot.txt duplicate title tag nya berkurang hingga 41 rb per tgl 13 november cuma hanya yg aneh pas tadi pagi saya cek webmaster tool duplicate title nya bertambah lagi hingga 44 rb….

    saya lagi mencoba pasang kode
    namun yg masih sedikit kurang paham tentang url parameter…saya tidak pake mobilepack theme jadi di url parameters saya cuma ada “s” jumlahnya 832,328 terus “replytocom”, “English_sub_on_youtube”, “english_sub,_youtube” masing2 masih di kisarana ratusan

    yg saya tanyakan apa sih “s” di url parametes n krn jumlahnya yg yg tinggi apa perlu saya batasi juga “s” tersebut dengan cara di atas

    mohon penjelasannya mas

    • Paramater “s” artinya halaman pencarian di halaman blog Anda ikut terindeks google. ketika pengunjung datang ke blog Anda kemudian melakukan pencarian melalui widget search maka halaman tersebut ikut terindeks dan tercrawl Google. biasanya saya selalu mensetting agar halaman search tidak ikut terindeks di platinum seo pack (jika menggunakan wordpress self host)

      menurut saya, itu akan menjadi masalah, dugaan saya, nanti akan berdampak kepada blog Anda teridentifikasi sebagai auto generate content oleh google cmiiw. Batasi dengan robots.txt agar urlnya di restricted oleh search engine
      Membatasinya dengan cara di atas saya anggap bisa juga, cara lain untuk memberi tahu google agar tidak memperdulikan lagi url parameter tersebut terindeks.. (tapi sepertinya butuh waktu,, karna hasilnya tidak pasti, hari ini indeksnya berkurang, esok kembali normal, kadang besoknya lagi malah balik lagi menurun,, sya juga bingung) :)

    • klo saya menganggapnya saja sama, Meta tag = title tag
      duplikat konten = duplikat meta description

      salah satunya memblokir akses ke url Parameter yang menjadi masalah di webmaster.. (berfungsi agar memposting artikel baru tidak terjadi duplikat)
      untuk artikel lama, saya mencobanya menghapus satu persatu URL bermasalah tersebut di webmaster

      banyak orang luaran sana, (yang sudah pengalaman) mengatakan kalo masalah duplikat tersebut tidak perlu kita permasalahkan.. Google hanyalah sebuah mesin, yang hanya memberi tahu apakah di blog yang kita miliki terdapat error,,

      • makasih atas responnya gan
        mw tanya lagi saya udah hapus link yg tidak ditemukan dari dan crawl error direktori tapi knp masih ada ea

  8. mas adhani saya minta pencerahannya….

    blog saya pd webmaster tools status crawler accesnya ada expired,domain not found, dan html sugestionnya duplicate meta, missing n duplicate title tag sebanyak 10. caranya spy normal kembali gmn mas adhani?..coz blog saya udh semakin hilang di telan mbah gugle…

    terima kasih sebelumnya buat mas adhani…

    • kalo ada yang expired dan domain not found..
      langsung saja di hapus di webmaster mas “remove link”

      untuk mengatasinya duplicate meta, mungkin bisa memasukkan rel = canonical ke dalam blog, (bisa menggunakan plugin platinum seo pack) agar besok-besok tidak terjadi lagi duplicate
      kalaupun sudah terjadi, beri perlakuan “no crawled” di URL Parameter.. atau langsung juga menghapusnya, URL yang bermasalah (yang memiliki URL Parameter) di “Remove link ” sisakan satu URL asli

      untuk mensiasati artikel tenggelam di SERP mungkin di artikel berikutnya bisa di rotating kembali URL lama dengan memasukkan URL tersebut ke dalam isi postingan artikel baru.

      jika ada kekurangan, mohon maaf yang sebesar2-besarnya, karna saya juga baru belajar mas, ^^

      • makasih banyak mas adhani udh mo jwb masalah blog saya…saya tanya lg mas..hehehe gpp ya mas…

        1.domain not found itu karena apa mas?pdhl saya br beli 1 sebulan yg lalu neh domain..

        2.rel = canonical dimasukkan di mana mas?di edit header?

        3.untuk perlakuan URL parameter yg no crawled itu yg mn saja mas? di URL parameter ada prefix, si_form_id, difficulty, replytocom, attachment_id..

        • 1. dihiraukan saja mas,, domain utama atau URL postingan ? klo URL postingan hapus saja di webmaster, penyebabnya mungkin karena ada postingan yang dihapus yang masih terindeks oleh google.. Klo domain utama, mungkin bisa submit ulang ke webmaster

          2. cara mudah gunakan plugin platinum seo pack, karena ada fitur canonical nya, tinggal di beri centang di konfigurasi plugin tersebut

          3. Lihat yang ada di duplikat title tags dan meta description,,, pilih url parameter yang menjadi masalah untuk di no crawled, yang jelas salah satunya replytocom..

    • kalo seo untuk blogspot maaf gan, saya belum banyak tahu, rekomendasi saya, silahkan ke adsense-id.com bagian sub-SEO untuk blogspot.

      disana sudah banyak yang share ilmu mengenai seo for blogspot.

      blogspot tidak memiliki plugin satu2nya cara yaitu dengan jalan oprek template, dan bisa ditanyakan ke forum tersebut.

      indikator di webmaster itu hanya alert.. tidak berdampak serius terhadap blog jika errornya masih satu-satu.. ^^

      • makasih om atas responnya,,
        jumnlahnya lumayan om,,
        duplikat meta deskripsi 38
        meta pendek 12 om,,,kira-kira ngaruh gk tu
        sekalian mw tnya kelebihan dan kekurangan blogger sama wordpress apa,mnurut om bagusan mana?tx
        mf bnyak tanya,,saya newbie om baru aktif lagi ngeblog

        • kelebihan dan kekurangannya itu relatif mas, masing2 ada yang senang dengan wordpress dan blogspot.

          oiya, update terbaru SEO blogspot sudah mendukung penulisan meta description dll seperti di wordpress mas, jadi, saya kira sejajar lah ^^

  9. mas adhani artikel klo mo oprek2 title tag blogspot ada gk?ada situs selain adsense.id?
    tengkyu sebelimya mas adhani…

    • selain adsense-id saya belum pernah nyari di google mas, saya selalu berpatokan pada forum itu

  10. Pernah merasakan dan melihat langsung untuk duplikat title atau description itu di webmaster tools tapi di tools mana saya lupa.. mungkin sobat bisa kasih pencerahan?

  11. Blog saya juga menggunakan plugin wordpress mobilepack
    Terima kasih banyak atas infonya nanti akan segera saya setting supaya tidak terjadi duplicate content

  12. sama persis seperti yang saya alami mas, semoga dengan cara ini dapat mengatasi Duplicate title tags… makasih untuk infonya

  13. Terima kasih atas solusinya, saya menemui problem yang sama.
    Mudah-mudahan dapat diatasi dengan cara yang sama.

  14. Blog saya ada duplicate tag, gimana mas cara menghapusnya, tetapi saya tidak pakai plugin mobile pack.apa caranya sama seperti di atas.

    • dicoba aja dulu mas, tinggal di url parameternya apakah ada atau tidak,
      kemudian perlakuannya juga sama di atas,

      tetapi saya tidak menjamin akan berhasil

      • mas, saya sudah coba di pratekkan di c panel, url parameter di webmastertool tidak ada.apa harus add parameter.

        • maaf mas fahmi sebelumnya,
          yang mas fahmi edit di cpanel apa ya mas ? soalnya tutorial di atas yang ngedit di cpanel theme mobilepack jadi khusus pengguna mobilepack saja.

          maksud saya perlakuannya sama dengan tutorial di membatasi Crawl Googleboot terhadap URL Paramater di atas.
          jika tidak ada url parameternya mungkin bisa ditambahkan secara manual di add paramter.

  15. Mas, aku mengalami problem yang sama, buat mengatasinya aku coba apus pluginya, terus buat ngeblok url yg bikin duplicate content aku blok pake URL parameter di webmaster tool.

    Cuma kok ini udah ampir sebulan kok URL yg bikin duplicate content masih pada nangkring di SERP. Emang perlu berapa lama pengalaman mas supaya duplicate URL nya pada rontok dari SERP?

    BTW, skarang masih pake plugin mobile pack kah di blog nya?

    Terimakasih :)

    • butuh waktu gan buat google resolve,
      saya juga tidak tahu secara pasti jangka waktunya,
      kalau mau cepat, blok dengan robots.txt url parameter tersebut dengan menambahkan

      User-agent: Googlebot
      Disallow: /*.php$
      Disallow: /*.js$
      Disallow: /*.inc$
      Disallow: /*.css$
      Disallow: /*?
      Disallow: /*/2$
      Disallow: /*/3$
      Disallow: /*/4$
      Disallow: /*/5$
      Disallow: /*/6$
      Disallow: /*/7$
      Disallow: /*/8$
      Disallow: /*?comments=true$
      Disallow: /*?postcomment=true$

      maaf, saya sudah tidak menggunakan mobilepack lagi soalnya theme yang saya gunakan sudah mantap di versi mobile (keren kan themenya mas satrya ini, ^^)

      maaf baru jawab, baru online

    • mungkin stt2 bisa disetting agar tidak ke permalink search base, lebih aman jika ke link to post, atau lebih aman lagi tidak ngelink kemana2,
      kalau jumlahnya sudah mencapai puluhan ribu, bisa diatasi dengan blokir via robots.txt
      di robots.txt tinggal tambahkan
      Disallow: /search/

      jika memang permalink search base anda, seperti, domainanda(dot)com/search/katakunci

Comments are closed.