Anti klik kanan dan anti copy paste wordpress plugin

anti klik kanan

Asik dengan blogwalking saya menemukan sebuah blog yang membahas tentang review produk dari amazon, yang menarik adalah blog berplatform wordpress tersebut tidak bisa di klik kanan ( anti klik kanan ). ^^

investigasi pun saya mulai dengan search di google dengan menggunakan kata kunci ” plugin anti klik kanan ” sehingga saya mendapatkan berbagai macam jenis plugin wordpress yang bisa memproteksi blog anda dari klik kanan yang nantinya berfungsi mencegah atau meminimalkan orang lain meng copy paste artikel di blog anda.

Berikut ini daftar atau list dari plugin wordpress anti klik kanan yang saya temui antara lain

1. Blog Protector

Melindungi artikel blog (content blog) baik berupa post maupun page dari kegiatan copy paste content dengan mendisable klik kanan dan mendisable orang lain memblok text artikel yang anda tulis.

http://wordpress.org/extend/plugins/blog-protector

2. Copyright Proof

Plugin anti klik kanan blog lainnya dan memerlukan registrasi ke digiprove untuk memperoleh digiprove API key, rating di wordpress.org pun bagus. plugin ini menarik jika digunakan yaitu terdapatnya label “digiprove notice” di artikel anda.

http://wordpress.org/extend/plugins/digiproveblog/

3. no copy

Jika mengaktifkan plugin ini maka pengunjung blog anda tidak bisa menggunakan context menu klik kanan, apakah itu  Ctrl+A, Ctrl+C, atau Ctrl+X pada blog anda.

http://wordpress.org/extend/plugins/no-copy/

Plugin WordPress protector content lainnya

4. WP-Copyright-Protection

http://wordpress.org/extend/plugins/wp-copyright-protection/

5. WP-CopyProtect [Protect your blog posts]

http://wordpress.org/extend/plugins/wp-copyprotect/

6. ProtectCopyBlogs [Protect your WordPress Blogfrom fraudulent copies]

http://wordpress.org/extend/plugins/protectcopyblogs/

Ditengah maraknya duplicat content dengan cara plagiarism, copy paste tanpa menyebutkan sumbernya mungkin dengan bantuan plugin anti klik kanan ini bisa mengobati rasa kesal anda terhadap si copy paste artikel anda.

Tapi anda harus selektif dan berpikir kembali jika menggunakan plugin wordpress jenis ini, karena sekali anda mengaktifkan maka, kemudahan pengunjung untuk menikmati artikel melalui system navigasi di blog anda menjadi berkurang.  Jadi gunakan plugin anti klik kanan ini dengan tepat sasaran ya

36 thoughts on “Anti klik kanan dan anti copy paste wordpress plugin

  1. Saya sudah menggunakan anti klik kanan…..Mudah-mudahan maksud pemasangan plugin tersebut dipahami oleh para pembaca (bukan untuk menyulitkan para pembaca)

      • Iya yang saya tanyakan juga itu apa plugin ini membawa efek samping, misalnya jadi ga’ SEO friendly atau gmna?

        • saya rasa tidak ada pengaruhnya untuk SEO.maaf saya belum memiliki pengetahuan mengenai hal ini.

          cuma pengaruh terhadap jumlah pageviews, waktu kunjungan, dan kenyamanan pengunjung
          apalagi, untuk tipe pengunjung yang gemar mengklik kanan untuk membuka artikel-artikel selanjutnya akan merasa kurang nyaman mendarat di blog anda
          bayangkan jika ada link keluar di blog anda.. hilanglah waktu kunjungan blog anda

          saya pernah baca di artikel blognya mas Alwi.. waktu kunjungan blog berpengaruh terhadap peringkat alexa.,, untuk itu setiap link yang keluar saya selalu mensiasatinya untuk membuka tab baru apabila diklik.

  2. makasih bro atas share nya,saya ngerti sekarang walaupun masih sedikit.

    salam knal

    • iya system navigasi kadang merepotkan jika blog tidak bisa diklik kanan, :)
      tapi untuk plugin anti copy paste pilihan saya jatuh ke Copyright Proof, untuk mensiasatinya nonaktifkan saja fitur klik kanan pada plugin tersebut.. :)

  3. Pengen nyoba sih tapi takut waktu di instal malah error wpnya kan berabe…udah pernah di tes sendiri kah??

    • sudah pernah tes, untuk plugin yang nomr 3 dan nomor 5, dan tidak error serta bentrok dengan plugin lain. tapi saya cabut lagi sebab jumlah pageviews menurun drastis.

  4. klik kanan emang ga bisa… cuman kadang pake ctrl + c tetap bisa di kopi gan
    yah paling tidak bisa meminimalisir lah….

  5. Pingback: Hotlink Theft | cara mengatasi hotlinking | Adhani Blog

  6. Wah banyak betul plugin disable klik kanan ini, jadi bingung pilihnya…Thx’s

  7. Saya kadang sebel kalo artikel di blog saya dicopy paste gitu aja tanpa disebutkan sumbernya. Tapi kuatir juga kalo jml visitor menurun.

    Jadi baeknya gimana ?

    • bukan jumlah visitor yang menurun mba maria, tapi jumlah pageviews dari artikel, klo disable klik kanan di aktifkan
      hal ini cuma asumsi saya yang lebih suka klik kanan untuk membuka artikel menarik dari blog2 yang saya kunjungi, untuk menghemat waktu saya dalam berinternet ^^
      tapi banyak juga kok yang ga suka dengan klik kanan di blog, langsung to the point klik kiri, (tanpa membuka tab baru)

      tapi klo untuk alasan proteksi artikel di blog, menggunakan plugin2 di atas juga dapat dilakukan,
      plugin2 di atas ada yang berfungsi untuk mendisable klik kanan, mendisable blok kalimat di blog, dll. tergantung kebutuhan anda nantinya,

      tapi dari sekian banyak artikel yang dicopas, awalnya saya juga risih sih , tapi saya banyak belajar dari hal itu, saya bisa mengetahui kelemahan saya dalam pertarungan search engine klo artikel pengopas lebih unggul dibandingkan artikel saya yang dicopas maka dari itu dari setiap artikel yang saya buat, saya beri tanda sedikit bahwa artikel asli lebih baik dibandingkan dengan artikel pengopas, dengan membubuhi warna, memberi link yang saling berkaitan, dan memberi watermark di gambar, (konsekwensinya waktu posting di artikkel makin banyak yang dibutuhkan)

      dari hal itu semua, saya berpikir, semakin banyak yang copas juga mengidentifikasikan klo artikel kita itu benar-benar recomended untuk disebarkan, makin banyak informasi yang disebar, semakin bermanfaat juga bukan?

      lain halnya dengan kontes seo, saya lebih sering menemui blogger yang menonaktifkan blok kalimat di blognya terhadap artikel yang diikutsertakan dalam kontes agar tidak dapat ditiru.

  8. terima kasih banyak mas bro informasinya, saya langsung ke tkp dan praktik, hasilnya mak nyus. keep posting

  9. Mending klu artikel yg di copy pyk q fotox juga, malah pake di crop lg icon tulisanx. Klu cm copas aja is oke yg qt sebel tu pake link URLx bikin bandwidth boros.. Tp ngefek gk bro wkt qt klik kiri utk zoom gambar??? Tq…

    • klau diklik kiri untuk zoom gambar ? perhatikan urlnya di browser mas atau lewat CTRL + U (page source), kalau urlnya milik blognya mas, berarti mengambil bandwidth juga dinamakan hotlinking theif, tetapi jika urlnya bukan, berarti tdak menyedot bandwith hosting yang kita miliki..

      untuk itu kita perlu memanfaatkan hotlink protection mas, biar gambar blog kita disalahgunakan kita bisa mengerjain balik dengan gambar pengganti (dengan asumsi pengopas tidak jeli) ^^

  10. Apakah cara ini bisa dipakai di semua blog wordpress atau hanya yang berbayar saja yang bisa? karena kalau dari blog yang saya miliki (wordpress gratis) tidak ada tombol plugin itu.
    mohon informasinya ya. Trims,

  11. wah, benar gan! plugin copy protect memang diperlukan. Banyak orang yang suka copy paste di jaman sekarang ini.. >.<

    Btw, terima kasih atas daftar plugin-nya.

  12. hemm gitu to gan…

    walaupun gitu ada effek negatifnya saya rasa patut dicoba juga…
    utk mengurangi copy paste artikel yang kurang baek…

  13. Saya pake plugin wp copyright, dan saya nggak terlalu peduli dengan hasil page views. Karena tujuan saya sebagai bloger adalah untuk menyediakan konten yang bagus, dan saya ngga mau ada masalah dengan blogger lain hanya karena konten saya di copas. Kalo konten yang ada di blog kita unik dan memang dibutuhkan, maka pasti ada saja yang berkunjung. Dan bisa disiasati dengan menampilkan related artikel di tiap post. Itu aja sih :)

    • membaca penuturan mas dede wiweka di atas, saya memantapkan diri untuk mendisable click di area blog (disable selecting text) namun masih bisa klik kanan, mungkin saya bisa menyarankan untuk menggunakan plugin Blog Content Protector

  14. Tapi dengan plugin ini, masih bisa klik kanan apabila javascript nya di disable. Firefox kan bisa gitu mas…

    • iya,, cara ini sebenarnya hanya untuk meminimalisir saja mas medi, tidak spenuhnya mutlak cara ini bisa berhasil. setidaknya bagi yang tidak tahu. tentu cara ini bisa berhasil :)

Comments are closed.