Plugin Anti Klik Kanan Gambar

Banyak cara untuk meminimalisir aksi copy paste artikel di Blog. Salah satunya dengan mendisable klik kanan pada postingan. Nah, kali ini saya akan berbagi lagi cara anti copy paste pada gambar yaitu dengan mendisable klik kanan pada gambar.

Bagi sebagian orang, terdisablenya klik kanan pada gambar dapat mengurangi jumlah plagiarisme artikel di blog Anda karena berhubungan erat dengan penggunaan sumber daya hosting terkait dengan masalah hotlinking

Ada beberapa cara menonaktifkan klik kanan pada image

  1. Menggunakan Plugin, No Right Click Images Plugin
  2. Menggunakan Script dari DMCA.com

No Right Click Images Plugin

Berdasarkan keterangannya di halaman WordPress.org, plugin ini menggunakan JavaScript untuk mengubah aksi klik kanan pada tag IMG.

Karena menggunakan JavaScript, no right click images plugin akan memfilter dan menulis ulang tag gambar yang dihasilkan script baik di dalam postingan maupun di bagian komentar yang tidak Anda temukan di plugin-plugin lain.

Cara mengaktifkannya cukup mudah, cukup “add new plugin” di dashboard WordPress milik Anda, kemudian cari dan temukan plugin. Install dan kemudian aktifkan.

Menggunakan Watermarker DMCA.com

Jika Anda bergabung di DMCA.com, ada fitur darinya yang berfungsi untuk memprotect gambar di postingan. yaitu dengan menggunakan Watermarker.

Saat orang lain memposting gambar yang mengambil image source milik Anda di blognya, maka secara otomatis postingan gambar tersebut akan terganti dengan image default bawaan watermarker DMCA. Hampir mirip dengan proteksi hotlink theft meskipun kemungkinan jarang terganti karena beberapa kelemahannya.

Selain itu, fungsi lain dari watermarker DMCA juga dapat mendisable klik kanan pada gambar secara menyeluruh di dalam blog

Cara mengaktifkannya

  1. Login ke DMCA.com, jika belum terdaftar silahkan registrasi terlebih dahulu
  2. Setelah login, langsung saja ke menu watermarker (free)
  3. pada watermarker setup, isikan webite Anda beserta nama copyright owner blog Anda
  4. kemudian Simpan dengan mengklik “Save Changes
  5. Langkah selanjutnya, klik Embed code yang terletak di samping tab watermarker setup
  6. Copy dan paste di blog Anda, khusus di WordPress self host Letakkan di Footer.php.

setting dmca watermarker
embed code watermarker
Itulah beberapa cara pilihan untuk meminimalisir aksi copy paste terutama yang berkaitan dengan hak cipta gambar dan pencurian bandwidth hosting. Cara di atas sangat berguna buat blog wallpaper dan blog tutorial yang memang mayoritas postingannya berisi beberapa buah gambar.

Kita memang tidak bisa mencegah orang untuk memindai html blog atau mendapatkannya melalui cache browser.Tetapi setidaknya kita dapat mengurangi jumlah orang menggunakan sumber daya hosting milik kita akibat penyalahgunaan image source yang terdapat di hosting terbatas.

Pernah punya pengalaman bandwidth limit excedeed? Atau punya cara lain memproteksi gambar di hosting pribadi? sharing di bawah yuk ^^

26 thoughts on “Plugin Anti Klik Kanan Gambar

  1. Mas kalau gambar yg ada di postingan kita di tempatkan di selain hosting yg di naungi blog, misal Picasa apa berfungsi menggunakan plugin tsb ?

  2. blog ini juga pakai ya mas? tadi ku coba klik kanan di gambar ga mau :D
    berarti berfungsi nih pluginnya.

    • yup, sekarang saya menggunakan plugin di atas, kalau dulu menggunakan watermarker dari dcma

  3. ini hanya dapat mengurangi jumlah plagiarisme ya Mas Dhani, jika buka di mozzila dan java scriptnya tidak diaktifkan masih bisa klik kanan ya..

  4. Setuju banget mas, kita harus mencegah plagiarisme salah satunya dengan menggunakan cara ini.
    Apalagi plagiarisme akhir-akhir ini sering terjadi.

    • dari dulu hingga sekarang memang menjadi momok gan,
      jangankan tulisan, gambar yang berwatermark pun dihapus kemudian di posting sebagai karyanya,

  5. Mantab mas infonya, kapan-kapan bisa dicoba nih … :)
    Tapi sepertinya kalau memang si tukang plagiat tetep aja nekad masih bisa melakukan dengan cara pencet tombol Print Screen ya mas kalau untuk gambar … ?

    • kalau di print screen, kualitas gambarnya menjadi berkurang gan,
      tidak apalah, yang jelas dia ada usaha buat ngambil gambar.. hehehe

  6. Plugin yang satu ini sangat menjamin blogger lain tidak bisa mengkopas artikel yang kita punya,,, apalgi ditambah DCMA :)

    • bisa di header juga bisa di footer.. saya lebih prefer naruhnya di footer untuk memaksimalkan waktu load time semininim mungkin

Comments are closed.