Solusi Lupa URL Login wp-admin Akibat Plugin All In One WP Security

Ada beberapa fitur security blog dari plugin All In One WP Security dalam melindungi blog Anda dari serangan brute force. Salah satunya adalah menyembunyikan URL login wp-admin wordpress. Jika Anda belum tahu, brute force sendiri adalah upaya hacking untuk mendapatkan akses login, seperti itulah gambaran brute force yang bisa saya artikan secara general. Untuk mengetahui lebih lengkap apa itu brute force, mungkin bisa dicari di halaman google.

Kemarin saya tidak bisa mengakses dashboard WordPress akibat lupa custom URL login yang telah saya setting sebelumnya di plugin All in One WP Security. Akibatnya, saya tidak bisa mengakses blog tersebut. Untuk mengakses wp-admin saja susah, bagaimana mau posting.. Benar-benar kejadian yang membuat saya sakit kepala.

Untunglah ada Google, saya kemudian mencari literatur sana-sini dan menemukan beberapa solusi. Caranya ternyata cukup mudah, hanya melihat atau mengedit file .htaccess di direktori blog sehingga kita bisa melihat custom URL login dan mendapatkan akses ke dashboard WordPress. Cara ini hanya berlaku apabila plugin All in One WP Security masih aktif.

Cara 1

Hilangkan! script yang tergenerate dari plugin tersebut di file .htaccess. Bisa saya katakan, gunakan file default .htaccess WordPress bawaan. Login menggunakan url wp-admin default, yakni, domainAnda.com/wp-admin. Kemudian lihat URL custom login di dashboard >> WP Security >> dasboard lebih tepatnya di bagian Cookie Based Brute Preventioan (seperti gambar di bawah). Loginlah kembali menggunakan URL custom URL wp admin tersebut.

cara satu lihat custom url login

Ini adalah URL Custom Login wp-admin yang kita set sebelumnya di pengaturan plugin All In One WP Security

Cara 2

Buka file .htaccess, lihatlah isinya, Temukan script yang seperti digambar.. tampilan yang saya blur tersebut adalah “sebuah kata” yang menjadi custom URL login Blog.

Kata yang dblur tersebut adalah kata pengganti wp-admin

Kata yang dblur tersebut adalah kata pengganti wp-admin

Sebenarnya ada cara lain, yaitu menghapus plugin tersebut di direktori blog. Tetapi, urung saya lakukan karena beberapa kasus mengakibatkan blog benar-benar tidak bisa diakses. Cara terbaik adalah dengan mengikuti salah satu cara di atas, karena cara tersebut benar-benar yang saya lakukan dan tidak mendapati kendala setelahnya. Sebagai himbauan buat Anda yang sedang membaca tutorial ini. Cara di atas hanya berlaku pada penggunaan plugin yang telah disebutkan sebelumnya, tidak untuk kasus lain.

Semoga bermanfaat ^^

Tags: #plugin security #tips wordpress #wp admin

author
Seorang yang masih belajar dari segala sesuatunya. Punya hobby di internet sebagai blogger, menyukai games pc dan tertarik berkecimpung di internet marketing.
Mencegah dan Melawan XMLRPC.PHP DDOS attack
Mencegah dan Melawan XMLRPC.PHP DDOS attack
Tips ini kurang begitu menyakinkan untuk saya
Kelebihan Plugin WordPress SEO by Yoast – Part 2
Kelebihan Plugin WordPress SEO by Yoast – Part 2
Menyambung tulisan sebelumnya alasan menggunakan yoast wordpress
Mengatasi Error add Facebook Admin di WordPress SEO by Yoast
Mengatasi Error add Facebook Admin di WordPress SEO by Yoast
Salah satu kelebihan plugin wordpress seo by
Alasan Saya Menggunakan WordPress SEO by Yoast – Part 1
Alasan Saya Menggunakan WordPress SEO by Yoast – Part 1
Fungsi utama dari plugin wordpress seo by
  1. author

    Rendy1 year ago

    terimakasih banyak mas, akhirnya pake trik mas bisa ke buka kembali. tapi punya saya keburu saya hapus pluginnya. jadi ya di file .httacces saya hapus untuk wp-adminnya hehhee

    Reply
  2. author

    maryjocollazo71 year ago

    This website truly has all of the info I needed concerning this subject and didn’t know who to ask.

    Reply

Leave a reply "Solusi Lupa URL Login wp-admin Akibat Plugin All In One WP Security"

Must read×

Top